Suntik Meningitis di Solo

BIRO UMROH SOLO Suntik Meningitis di Solo Vaksin Meningitis adalah vaksin yang disuntikkan kepada calon jamaah haji dan umroh yang hendak melaksanakan ibadah haji atau umroh. Suntik vaksin ini dilakukan guna mencegah penularan meningitis meningokokus (radang otak) antarjamaah. Vaksinasi ini tidak hanya dilakukan untuk mencegah penularan penyakit meningitis saja, melainkan sejumlah penyakit lain seperti tetanus, tuberkulosis, hepatitis, HIV/AIDS, malaria, dan lainnya. Vaksinasi ini sangat diperlukan bagi orang yang sedang bepergian jarak jauh, seperti wisata, umroh, haji, dan lainnya.

Suntik Meningitis di Solo

 

Suntik Meningitis di Solo

Suntik Meningitis di Solo Ketua Umum Himpunan Penyelenggaraan Umroh dan Haji, Baluki Ahmad, membenarkan pentingnya vaksinasi meningitis kepada setiap calon jamaah yang hendak berumroh maupun haji. Kementerian Kerajaan Arab Saudi juga mengharuskan negara-negara yang mengirimkan jamaah haji dan umroh untuk memberikan vaksin meningitis dan menjadikannya syarat dalam pemberian haji dan umroh.

Suntik vaksin meningitis tidak dilakukan di rumah sakit, karena tidak semua rumah sakit diberikan wewenang untuk menerbitkan Yellow Book (International Certificate of Vaccination or Prophylaxis). Buku ini hanya diterbitkan oleh Balai Kesehatan Pemerintah yang biasanya terletak di sekitar bandara atau pelabuhan. Masa berlaku ini bisa sampai 2-3 tahun.

Untuk mendapatkan Suntik Meningitis di Solo, calon jamaah di Karesidenan Surakarta bisa datang ke Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di dekat Bandara Adi Soemarmo Solo. Sebagai bukti bahwa Anda telah divaksin, Anda harus memiliki buku kuning bertuliskan International Certificate of Vaccination of Prophylaxiz (ICV) yang asli.

Data memuat nama, alamat, jenis kelamin, jenis vaksin, foto, no. batch, no. kode buku (running number), tanggal penyuntikan, dan nama dokter yang menyuntikkan juga harus ada barcode.

Suntik Vaksin meningitis bisa dilakukan dengan datang langsung ke KKP. Untuk beberapa wilayah ada yang sudah bisa mendaftar secara online.

Suntik Meningitis di Solo

 

Suntik Meningitis di Solo

Biaya vaksinasi bervariasi antara satu tempat dengan tempat lain. Kisarannya sebesar 305.000 rupiah. Untuk wilayah Karesidenan Surakarta, Suntik Meningitis di Solo 305.000 rupiah (pria) dan 320.000 (wanita).

Sebelumnya suntik meningitis dilakukan dengan antri pagi – pagi di kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di lokasi terdekat, tapi tidak untuk tahun 2018. Suntik Vaksin meningitis pada tahun 2018 mengalami perubahan dalam sistem antrian, yaitu sistem online. Banyak yang belum tahu cara pendaftaran secara online ini, maka dari itu kami akan menjelaskan tata cara suntik meningitis 2018 berikut caranya :

Pertama, Buka http://kespel.depkes.go.id dan pilih Regitrasi

Kedua, Scroll ke bawah dan Isilah sesuai dengan urutan nomor yg petunjuk

Ketiga, Scroll ke bawah dan Isilah sesuai dengan urutan nomor yg petunjuk dan klik “Kirim” atau nomor 23

Keempat, cek email anda atau download di bagian ini

Cara Daftar Suntik Meningitis Online 2018 Sampai disini sudah selesai. Dan apabila Anda belum mendapatkan Email atau pun kehilangan berkas file, Anda dapat mendownloadnya kembali dengan langkah sebagai berikut :

Pertama klik Halaman konfirmasi ulang, halaman ini bisa anda lihat di Step ke dua artikel diatas

Kedua, Isilah sesuai dengan data yang pernah Anda daftarkan sebelumnya dan klik Kirim

Ketiga, Silahkan Downloaad disini (24, 25) ada dua berkas

setelah anda selesai Print File yang Anda dapatkan, hasilnya seperti dibawah ini :

Cara Daftar Suntik Meningitis Online 2018 Setelah pendaftaran Online selesai silahkan untuk mendatangi kantor KKP terdekat sesuai pendaftaran di formulir, dan cukup membawa kertas hasil print tersebut. (bawalah fotocopy passport untuk berjaga apabila hasil scan Passport pada formulir jelek) kemudian bisa mengikuti seperti dibawah ini :
  1. Menyerahkan File kepada Customer Service
  2. Menunggu panggilan masuk ke ruang pemeriksaan di ruang dokter, di ruangan anda akan ditanya seputar riwayat penyakit yang pernah diderita.
  3. Dokter yang ada juga menawarkan suntik Vaksin Influenza yang tentunya akan ada biaya tambahan namun anda boleh mengatakan “tidak”, karena bersifat penawaran saja.
  4. Melakukan pembayaran ke loket resmi yang kerjasama dengan KPP, biasanya Bank BRI. Rincian biaya : Pendaftaran Rp. 5.000, Pemeriksaan & Pengobatan Rp. 15.000, Vaksinasi Meningitis Rp. 260.000, Penerbitan ICV (kartu kuning) RP. 25.000. Total : Rp 305.000,- (ada kemungkinan setiap daerah bisa berbeda)
  5. Menunggu panggilan giliran untuk Vaksinasi Meningitis, dalam ruangan yang sama anda akan menerima Kartu Kuning atau ICV (International Certificate of Vacination).
  6. Selesai. Jangan lupa menyempatkan fotocopy ICV untuk arsip dan untuk diserahkan ke travel. Aslinya bisa anda simpan untuk persayaratan ibadah umroh berikutnya, karena ICV saat ini berlaku sampai 3 tahun (sebelumnya berlaku hanya 2 tahun).
  7. Hasil Kartu meningitis seperti di bawah

Biasanya proses dari mulai pendaftaran sampai dengan menerima kartu kuning kurang lebih sekitar 60 menit, tergantung dari jumlah antrian. Kami sarankan untuk sampai di lokasi sebelum jam buka operasional kantor yaitu pukul 07:30 WIB. Untuk anda yang telah selesai suntik meningitis kami sarankan untuk menyempatkan istirahat (tidur) setelah sampai di rumah sebelum melakukan aktivitas lainnya. Jika terjadi demam/ panas, dokter menyarankan untuk minum obat Parasetamol yang dapat dibeli melalui toko obat/apotek terdekat.

Efek Samping

Suntik Meningitis di Solo Sama halnya dengan obat, suntik meningitis dapat menimbulkan beberapa efek samping. Efek samping itu mulai dari yang berat dan ringan. Efek samping seperti pingsan dan kedutan paling sering terjadi pada anak remaja.

  • Efek samping berat: adanya alergi berat. Namun efek samping ini sangat jarang terjadi.
  • Efek samping ringan: rasa nyeri seperti kulit kemerahan pada bekas suntikan dan demam.

Tips Suntik Meningitis

Suntik Meningitis di Solo Untuk menghindari efek samping ini, ada beberapa tips yang dapat dilakukan.

  • Kekebalan vaksin terjadi dalam waktu dua minggu dengan masa kekebalan dua tahun. Jadi, sebaiknya calon jamaah melakukan penyuntikan paling lambat dua minggu sebelum keberangkatan.
  • Usahakan datang pagi, karena pasien akan banyak.
  • Tidak boleh melakukan vaksinasi ini pada ibu hamil.
  • Usahakan sudah makan sebelum disuntik.

 

BIRO UMROH SOLO

SHAFA TOUR

Telp/sms/whatsapp: 081 226 555 449 (Arief)

Kantor: Jl. Dr. Radjiman 641A Surakarta (Depan Pom Bensin Jongke)

Web: www.shafaumroh.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.