Tips Umroh Bersama Anak

BIRO UMROH SOLO Tips Umroh Bersama Anak Umroh adalah pilihan ibadah yang tepat bagi setiap muslim, selain haji. Apalagi jika ibadah ini dilakukan bersama orang tua atau anak-anak. Selain berpahala, mengajak anak melaksanakan ibadah umroh bersama orang tua, dapat mengenalkan Islam, memberikan pendidikan agama, dan memberitahukan tempat Islam lahir secara tidak langsung. Orang tua juga dapat menanamkan sejarah Islam, kisah-kisah spiritual Nabi Muhammad SAW, Nabi Ibrahim AS, sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW, dan lainnya.

Tips Umroh Bersama Anak

Namun sebagaimana anak-anak pada umumnya, ibadah umroh bersama mereka bukan tidak mungkin merepotkan. Jika tidak mempersiapkan diri sedini mungkin, tentu dapat mengganggu aktivitas ibadah Anda, pun lingkungan sekitar. Misalnya, saat berada di Masjidil Haram sang anak menangis karena suatu hal. Tentu hal ini menjadi tidak nyaman bagi Anda, anak Anda, dan lingkungan di sekitar Anda.

Berikut ini ada beberapa Tips Umroh Bersama Anak.

 

  • Tentukan Waktu Terbaik Umroh

Tips Umroh Bersama Anak waktu terbaik melakukan ibadah umroh bersama anak adalah masa libur sekolah, sekitar bulan Desember atau Januari. Cuaca di bulan ini juga relatif sejuk. Desember di Arab Saudi merupakan awal musim dingin, bahkan kadang-kadang hujan.

Anda tidak disarankan umroh pada masa liburan sekolah di bulan Juni. Mengapa? Karena pada bulan Juni dan seterusnya cuaca di Arab Saudi mengalami musim panas. Anak-anak akan merasa tidak nyaman dan kepanasan, jika diajak umroh pada musim ini.

 

  • Jangan Pergi Sendirian Bersama Sang Anak

Tips Umroh Bersama Anak jika anak Anda berusia lebih dari 5 tahun dan sehat, perjalanan umroh akan relatif mudah. Namun jika anak Anda berusia di bawah 5 tahun, perlu mendapat perhatian khusus. Jangan pergi sendirian dengan membawa lebih dari satu anak agar tidak menjadi repot atau terganggu nantinya.

 

  • Cek Penerbangan Anda

Tips Umroh Bersama Anak cek penerbangan apa yang akan Anda gunakan sebelum ibadah umroh. Saat di dalam pesawat dengan waktu penerbangan yang cukup lama, anak-anak kemungkinan akan merasa bosan. Persiapkan segala kemungkinan agar anak Anda tetap nyaman di dalam pesawat hingga sampai ke tempat tujuan. Anda bisa membawa krayon atau pensil warna dan buku gambar. Anda juga bisa membawa buku-buku anak untuk menghindari kebosanan.

 

  • Pilih Hotel yang Berjarak Dekat dengan Masjid

Jarak hotel yang dekat dengan masjid akan memudahkan bagi Anda dan sang anak untuk beribadah.

 

  • Tawaf dan Sai

Salah satu ritual yang paling penting dari Umroh yakni melakukan Tawaf dan Sai. Jika Anda melakukan umroh dan membawa anak Anda saat tawaf, itu tidak menjadi masalah. Namun Anda jangan memaksakan diri untuk dapat mencium hajar aswad. Mencium hajar aswad adalah kesunnahan, bukan kewajiban.

Tips Umroh Bersama Anak anda bisa menyewa kursi roda untuk sang Anak agar Anda lebih mudah melakukan tawaf dan sai. Jika memungkinkan, Anda juga bisa membawa stroller sendiri dari rumah.

 

  • Agendakan Jalan-Jalan di Sekitar Masjid

Tips Umroh Bersama Anak untuk menghindari kebosanan, Anda bisa mengajak anak Anda jalan-jalan di luar rutinitas ibadah umroh di sekitar masjid. Anda bisa duduk-duduk di pelataran masjid untuk melihat lalu-lalang. Di Mekkah, Anda bisa mengajak anak Anda untuk memberi makan burung dan menunggangi unta atau naik mobil ke Jabal Rahmah.

 

  • Pastikan Anak Anda Memakai Tanda Pengenal

Pastikan anak-anak memakai ID atau tanda pengenal yang mudah untuk dikenali. Tentunya lengkap dengan nama orang tua, nama hotel, nomor kontak, nomor paspor, dll.

 

  • Pantau Kondisi Anak

Orang tua juga harus tahu kondisi anak agar anak tidak merasa kelelahan ataupun merasa bosan saat di tanah suci.

 

  • Bawa Diaper sebagai Langkah Antisipasi

Jika Anda kira-kira menghabiskan waktu yang lama di masjid, Anda bisa membawa atau mengenakan diaper pada anak. Letak toilet juga lumayan jauh dari dalam masjid.

 

Itulah beberapa tips umroh bersama anak. Meskipun terkadang merepotkan, tetapi membawa anak untuk berumroh memberikan banyak sekali manfaat. Manfaat paling utama adalah sang Anak dapat mengenal Allah dan Islam sejak dini. Semoga bermanfaat.

 

BIRO UMROH SOLO

SHAFA TOUR

Telp/sms/whatsapp: 081 226 555 449 (Arief)

Kantor: Jl. Dr. Radjiman 641A Surakarta (Depan Pom Bensin Jongke)

Web: www.shafaumroh.com

 

Sumber: http://mommiesdaily.com/2012/05/01/kiat-membawa-anak-pergi-umrah/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.