Tips Umroh Ibu Hamil

BIRO UMROH SOLO Tips Umroh Ibu Hamil Ibadah haji dan umroh merupakan sebuah perjalanan spiritual yang  didambakan oleh seluruh umat muslim. Tidak semua orang memiliki kesempatan untuk menunaikan rukun Islam yang kelima ini. Seseorang harus memiliki kemampuan fisik, spiritual, dan finansial yang memadai agar dapat menunaikan perjalanan ke Tanah Suci. Lalu, bagaimana jika kesempatan tersebut datang kepada para perempuan yang sedang hamil?

Tips Umroh Ibu Hamil

 

Tips Umroh Ibu Hamil

Tidak ada larangan bagi para perempuan yang sedang hamil untuk menjalankan ibadah umroh. Asma binti Umais, istri dari Muhammad bin Abu Bakar, pernah melaksanakan ibadah haji ketika beliau tengah hamil tua hingga akhirnya beliau melahirkan di miqat.

Ibadah haji dan umroh dapat dikatakan sebagai ladang untuk berjihad bagi para perempuan. Aisyah ra pernah bertanya kepada Rasululloh SAW: “Wahai Rasululloh, apakah kaum perempuan memiliki kewajiban untuk berjihad?” Kemudian, Rasulullah pun menjawab, “Ya, betul. Bagi mereka, ada kewajiban jihad yang tidak ada perangnya. Jihad bagi kaum kalian adalah berhaji dan umroh.” (H.R. Imam Ahmad dan Ibnu Majah).

Berikut ini ada beberapa tips umroh ibu hamil.

  • Pilih Penerbangan Langsung Atau Satu Kali Transit

Tips umroh untuk wanita hamil yang pertama adalah banyak biro umroh yang menawarkan umroh dengan biaya rendah. Biasanya, biaya rendah ini disiasati dengan sistrem transit penerbangan di beberapa negara atau penerbangan langsung namun menuju Jeddah. Kedua paket umroh ini tidak disarankan bagi anda yang sedang hamil.  Hal yang dikhawatirkan adalah rasa kram perut dan bengkak di kaki, duduk tidak nyaman, dan lainnya.

Anda bisa memilih maskapai transit, tetapi disarankan hanya satu kali transit dengan durasi masa tunggu di bandara tidak lebih dari 3 jam. Pilihlah maskapai yang mendarat di Bandara Madinah, karena ini akan menghemat waktu 6 hingga 8 jam perjalanan darat Jeddah – Madinah dengan bus.

 

  • Pilih Hotel yang Berjarak Dekat dengan Masjid

Tips umroh untuk wanita hamil yang kedua adalah pilihlah travel yang menyediakan hotel yang tidak terlalu jauh dari masjid.

 

  • Melaksanakan Ibadah Umroh Saat Usia Kandungan di Trimester Kedua

Tips umroh untuk wanita hamil yang ketiga adalah wanita hamil biasanya akan diijinkan naik pesawat pada usia kandungan di trimester kedua. Jika naik pesawat pada trimester pertama atau ketiga, ada risiko keguguran dan melahirkan di pesawat. Pastikan bahwa usia kandungan Anda sudah memasuki usia trimester kedua pada saat Anda akan melakukan ibadah umroh. Karena pada saat ini Anda tidak hanya membawa satu nyawa saja, namun dua nyawa yang harus dilindungi.

 

  • Cek Kandungan Sebelum Berangkat Umroh

Tips umroh untuk wanita hamil yang keempat adalah memeriksakan kandungan ke dokter kandungan sebelum berangkat menjalankan ibadadah umroh. Pastikan kandungan Anda berada pada kondisi sehat dan diperbolehkan untuk melakukan perjalanan jauh seperti umroh. Utamakan kesahatan Anda dan janin dari pada keinginan untuk menjalankan ibadah umroh.

 

  • Rutin Olahraga Ringan

Tips umroh untuk wanita hamil yang kelima adalah ingatlah bahwa ibadah umroh akan menguras aktivitas fisik yang cukup banyak. Beberpa kegiatan umroh yang akan menguras tenaga adalah thawaf dan sai. Sebagai persiapan diri, lakukanlah olahraga ringan selama beberapa minggu sebelum keberangkatan. Karena hal ini akan menunjang kondisi fisik bagi calon jamaah ibadah umroh yang sedang hamil saat berada di tanah suci.

 

  • Bawa Salinan Buku Pemeriksaan Kandungan

Tips umroh ibu hamil selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah membawa buku pemeriksaan kandungan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi kondisi yang darurat saat berada di tanah suci ketika umroh. Dengan buku pemeriksaan tersebut, maka dokter akan mengetahui hostorical kondisi janin yang ada pada kandungan Anda. Bawalah salinannyasaja untuk menghindari hilangnya buku yang asli.

 

  • Jangan Memaksakan Diri

Tips umroh untuk wanita hamil yang. Jika pada saat melakukan ibadah umroh merasa cukup lelah secara tiba-tiba, jangan paksakan diri untuk melakukan aktivitas itu. Gunakan jasa kursi roda dan pendorongnya untuk membantu kegiatan yang sedang berlangsung. Terdapat banyak jasa yang akan menawarankan kursi roda lengkap dengan pendorongnya. Namun jika Anda cukup kuat, Anda bisa menyewa kursi rodanya saja.

Jangan memaksakan diri untuk mencium hajar aswad maupun masuk untuk sholat di Hijir Ismail. Karena kedua nya merupakan sunnah dan menjaga diri dan janin adalah wajib. Jangan tinggalkan hal yang wajib untuk mengejar sunnah.

 

  • Perhatikan Makan dan Minum

Pada saat usia trimester kehamilan kedua, banyak wanita yang selera makannya kurang baik. Sebagian ibu masih banyak yang sering merasakan mual pada masa kehamilannya, yang mana akan berakibat juga pada nafsu makan dan asupakan makan. Jaga asupan makanan Anda, karena akan berdampak pada tubuh dan kehamilan Anda.

 

Menjadi ibu hamil bukan berarti hal ini akan menghalangi anda untuk bisa tetap menjalankan ibadah di tanah suci. Namun demikian, Anda harus memperhatikan kondisi badan Anda.

Beberapa hal yang tersebut di atas termasuk di dalamnya memilih agen perjalanan umroh murah dengan fasilitas untuk ibu hamil yang baik. Dengan cara ini, maka anda akan tetap bisa khusyuk dalam menjalankan ibadah umroh. Biro Umroh Solo Shafa Tour adalah biro umroh terbaik dan terpercaya dari Solo.

 

BIRO UMROH SOLO

SHAFA TOUR

Telp/sms/whatsapp: 081 226 555 449 (Arief)

Kantor: Jl. Dr. Radjiman 641A Surakarta (Depan Pom Bensin Jongke)

Web: www.shafaumroh.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.