Cara Membuat Paspor Online

BIRO UMROH SOLO Cara Membuat Paspor Online Jika sebelumnya kita Biro Umroh Solo Shafa Tour telah membahas cara membuat paspor konvensional yakni langsung datang sendiri ke Imigrasi, sekarang akan dibahas bagaimana cara membuat paspor online. Jika dengan cara konvensional Anda harus mengantri, maka Anda tidak perlu melakukannya dengan sistem online ini.

Cara Membuat Paspor Online

Meskipun masih ada pilihan untuk melakukan permohonan secara manual yaitu dengan datang langsung ke Kantor Imigrasi, pembuatan paspor secara online pastinya lebih praktis dan menghemat waktu. Namun perlu diingat bahwa ini bukan berarti membebaskan kita dari keharusan untuk mendatangi Kantor Imigrasi. Kita tetap harus datang ke Kantor Imigrasi untuk melakukan verifikasi berkas, wawancara, pengambilan sidik jari, dan foto.

 

Syarat Membuat Paspor

Cara Membuat Paspor Online. Sebelum membuat paspor online, pastikan Anda memiliki beberapa persyaratan ini.

  • KTP dan Kartu Keluarga (KK)
  • Akta Kelahiran atau surat baptis
  • Akta perkawinan, buku nikah, atau ijasah
  • Paspor lama, jika ingin perpanjang paspor
  • KTP kedua orang tua, buku nikah orang tua, dan paspor ayah/ibu (jika ada), jika yang mendaftar seorang anak

 

Cara Membuat Paspor Online

  • Kunjungi Website Resmi Imigrasi

Cara Membuat Paspor Online. Setelah semua persyaratan terpenuhi dan sudah siap, maka Anda dapat mengunjungi situs resmi imigrasi. Alamat websitenya adalah http://www.imigrasi.go.id. Setelah berhasil masuk di halaman utaman website, pilih opsi Layanan Publik-Layanan Online, lalu pilih Layanan Paspor Online.

Cara Membuat Paspor Online

 

  • Pilih Pra Permohonan Personal

Cara Membuat Paspor Online. Setelah langkah sebelumnya sudah kamu lakukan, langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah pilih opsi Pra Permohonan Personal.

Cara Membuat Paspor Online

 

  • Isi Formulir

Cara Membuat Paspor Online. Karena kelengkapan data adalah hal yang sangat penting, maka hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengisi formulir data diri.

 

  • Lakukan Pembayaran dan Konfirmasi Pembayaran

Cara Membuat Paspor Online. Setelah semua data terisi dengan lengkap dan benar, maka kemudian kamu diharuskan membayar biaya administrasi sesuai dengan tarif yang diberlakukan oleh pihak imigrasi. Pembayaran dilakukan melalui Bank BNI dengan membawa bukti pengajuan paspor yang mencantumkan jumlah uang yang harus dibayarkan ke bank. Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan tanda bukti pembayaran dari bank. Jika Anda ingin membayar melalui ATM BNI, pilih menu Pembayaran kemudian Imigrasi, di mana Anda akan diminta memasukkan nomor permohonan atau kode pembayaran. Setelah itu akan muncul nama pemohon dan jumlah uang yang harus dibayarkan di layar. Biaya untuk paspor 48 halaman sebesar Rp355.000,00.

Cara Membuat Paspor Online. Selain biaya yang sudah tercantum tadi, ada tambahan biaya administrasi bank sebesar Rp5.000, sehingga total menjadi Rp360.000. Bukti atau struk pembayaran difotokopi sebanyak 3 lembar dan disatukan dengan berkas permohonan paspor yang sudah Anda siapkan pada langkah pertama.

Cara Membuat Paspor Online. Setelah kamu melakukan pembayaran, jangan lupa untuk melakukan konfirmasi pembayaran. Buka kembali email dari imigrasi dan klik tautan yang tersedia di email tersebut yang akan membawa Anda ke halaman verifikasi di situs www.imigrasi.go.id. Setelah diisi, Anda bisa memilih tanggal dari daftar tanggal yang tersedia bagi Anda untuk datang ke Kantor Imigrasi yang telah Anda tentukan. Maka selesailah proses pra permohonan paspor Anda. Selanjutnya, Anda akan menerima tanda terima permohonan melalui email yang harus Anda cetak dan disatukan dengan berkas yang telah Anda siapkan.

 

  • Pergi ke Kantor Imigrasi untuk Verifikasi Berkas dan Wawancara

Cara Membuat Paspor Online. Setelah semua proses permohonan paspor online telah dilakukan lewat website imigrasi, langkah berikutnya adalah pergi ke kantor imigrasi untuk verifikasi berkas dan melakukan wawancara. Jangan lupa membawa seluruh berkas yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Biasanya untuk wawancara, yang sering ditanyakan adalah mengenai tujuan kamu membuat paspor. Untuk jadwalnya sendiri, kamu bisa memilih sendiri loh.

 

  • Ambil Paspor

Cara Membuat Paspor Online. Akhirnya semua proses telah selesai dan paspor kamu sudah siap diambil di kantor imigrasi tempat kamu mendaftar setelah 3 hari pada jam kerja.

Cara Membuat Paspor Online

 

Itulah cara membuat paspor online. Semoga bermanfaat. Biro Umroh Solo Shafa Tour memberikan bimbingan kepada calon jamaah yang hendak melakukan pembuatan paspor.

 

BIRO UMROH SOLO

SHAFA TOUR

Telp/sms/whatsapp: 081 226 555 449 (Arief)

Kantor: Jl. Dr. Radjiman 641A Surakarta (Depan Pom Bensin Jongke)

Web: www.shafaumroh.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.