Tips Umroh Bagi Pengguna Kursi Roda

BIRO UMROH SOLO Tips Umroh Bagi Pengguna Kursi Roda Ibadah umroh merupakan perjalanan spiritual yang tidak ingin dilewatkan bagi setiap muslim. Oleh karenanya, banyak calon jamaah yang sudah lanjut usia (lansia) tetap berangkat umroh meskipun dengan kondisi yang tidak begitu prima. Terkadang kita juga akan menjumpai jamaah yang menggunakan kursi roda karena sedang sakit ataupun penyandang disabilitas. Namun mereka tetap melaksanakan ibadah umroh dengan antusias dan semangat yang tinggi.

Tips Umroh Bagi Pengguna Kursi Roda

 

Tips Umroh Bagi Pengguna Kursi Roda

Tips Umroh Bagi Pengguna Kursi Roda. Menggunakan kursi roda sebenarnya bukan masalah kaum lansia saja. Karena ibadah umroh membutuhkan tenaga yang ekstra, banyak jamaah yang tumbang akibat kelelahan. Akhirnya, mereka menggunakan kursi roda selama beribadah di Tanah Suci. Tentunya persiapan yang dibutuhkan bagi mereka yang menggunakan kursi roda sedikit berbeda dengan mereka yang tidak menggunakan kursi roda.

Tips Umroh Bagi Pengguna Kursi Roda sebaiknya kita ketahui sebelum berangkat ibadah umroh. Hal ini dilakukan sebagai tindakan siaga seandainya terjadi sesuatu saat kita tiba di Tanah Suci. Berikut ini ada beberapa tips umroh bagi jamaah pengguna kursi roda.

 

Persiapan Sebelum Berangkat

Tips Umroh Bagi Pengguna Kursi Roda pertama. Sebelum berangkat, alangkah baiknya jika Anda menyiapkan kursi roda dengan model lipat. Kursi roda dengan model ini tentu akan lebih mudah dibawa. Jika Anda tidak memilikinya, Anda bisa menyewa kursi roda lipat. Anda bisa bertanya kepada penyedia jasa travel umroh mengenai fasilitas kursi roda. Ada beberapa travel yang bisa menyediakan kursi roda bagi calon jamaahnya.

 

Selama di Bandara dan Saat Penerbangan

Tips Umroh Bagi Pengguna Kursi Roda kedua. Carilah informasi kepada maskapai penerbangan Anda mengenai ketersediaan kursi roda untuk jamaah. Apakah mereka menyediakan jasa kursi roda dan dipastikan jumlahnya cukup. Anda tidak perlu khawatir memasukkan kursi roda bawaan Anda ke dalam bagasi tercatat, setelah sebelumnya di-wraping. Jika maskapai penerbangan Anda tidak menyediakan jasa kursi roda, coba tanyakan apakah mereka memperbolehkan Anda membawa kursi roda hingga ke dalam pesawat.

Tips Umroh Bagi Pengguna Kursi Roda selanjutnya adalah perhatikan jalan yang disediakan khusus bagi mereka yang memakai kursi roda. Biasanya, ada elevator khusus bagi mereka dan akan dipandu oleh petugas yang bersangkutan. Di elevator ini biasanya pendamping tidak boleh ikut menggunakannya.

Tips Umroh Bagi Pengguna Kursi Roda. Saat tiba di Bandara Jeddah atau Madinah, pengguna kursi roda boleh di dampingi oleh satu anggota keluarga. Sementara jamaah lain dipersilahkan untuk turun dari pesawat terlebih dahulu. Mereka pun akan diurus khusus oleh staff ground handling menuju kendaraan khusus yang akan membawa mereka langsung menuju ruang tunggu di dekat coveyor belt untuk bergabung bersama jamaah yang lain.

 

Saat Berada di Mekkah

Tips Umroh Bagi Pengguna Kursi Roda selanjutnya Pengguna kursi roda diperbolehkan melaksanakan ibadah thawaf saat jamaah tidak dalam kondisi padat dan ramai. Jika kondisinya padat dan ramai, pengguna kursi roda harus melakukan thawaf di lantai dua. Persiapkan daya tahan tubuh dan tenaga Anda karena perjalanan panjang thawaf di lantai dua memakan jarak hingga satu kilometer.

Sebaiknya, pengguna kursi roda didampingi oleh anggota keluarga, sehingga bisa melaksanakan thawaf dan sai bersama-sama. Namun apabila Anda membutuhkan jasa pendorong kursi roda, maka di sana ada.

Berbeda dengan thawaf, ada jalur khusus bagi pengguna kursi roda saat ibadah sai. Di tempat ini juga menyediakan jasa persewaan kursi roda juga jasa dorong kursi roda yang bisa Anda manfaatkan. Walau harganya cukup lumayan mahal.

Tips Umroh Bagi Pengguna Kursi Roda
Jalur Khusus Sai Pengguna Kursi Roda
Saat Berada di Madinah

Tips Umroh Bagi Pengguna Kursi Roda  selanjutnya Keistimewaan dari kota Madinah adalah ramah bagi penyandang disabilitas dan pengguna kursi roda. Di Masjid Nabawi dan Masjidil haram tersedia jalur-jalur khusus bagi pengguna kursi roda. Untuk menuju ke toilet yang berada di lantai dasar pun terdapat elevator khusus.

Ada juga jalur bagi pengguna kursi roda yang ingin berkunjung ke raudhah dan makam Rasululloh SAW. Lajur ini akan memudahkan pengguna kursi roda sehingga terhindar dari berdesak-desakan.

 

Semoga beberapa tips umroh bagi pengguna kursi roda di atas dapat bermanfaat. Anda tidak perlu bingung saat beribadah umroh hanya karena menggunakan kursi roda. Alloh SWT akan memudahkan hamba-Nya yang ingin beribadah kepada-Nya.

 

BIRO UMROH SOLO

SHAFA TOUR

Telp/sms/whatsapp: 081 226 555 449 (Arief)

Kantor: Jl. Dr. Radjiman 641A Surakarta (Depan Pom Bensin Jongke)

Web: www.shafaumroh.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.