Cara Mudah Perpanjangan Paspor

BIRO UMROH SOLO Cara Mudah Perpanjangan Paspor Paspor adalah dokumen penting yang harus Anda bawa saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Ada tiga jenis paspor yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya yakni paspor 24 halaman, paspor 48 halaman, dan e-paspor. Keduanya memiliki masa berlaku yang sama yaitu maksimal 5 tahun.

Cara Mudah Perpanjangan Paspor

 

Cara Mudah Perpanjangan Paspor. Banyak masyarakat yang belum mengetahui cara mudah perpanjangan paspor. Selain itu, beberapa ada yang merasa malas untuk mengurus perpanjangan paspor sendiri, sehingga lebih memilih menggunakan biro jasa paspor. Padahal, di era kemajuan teknologi saat ini, pengurusan paspor dapat dilakukan dengan mudah.

 

Berikut ini beberapa layanan Cara Mudah Perpanjangan Paspor
  • Sistem one day service yaitu memperpanjang paspor dapat selesei dalam waktu satu hari.
  • Memperpanjang paspor secara manual yaitu datang ke Kantor Imigrasi. Anda tidak perlu khawatir jika tidak berdomisili di lokasi yang sama dengan domisili Kantor Imigrasi.
  • Mendaftar secara online. Anda dapat menentukan sendiri waktu untuk wawancara dan pengambilan foto.

 

 

Cara Mudah Perpanjangan Paspor. Beberapa hal yang harus Anda cermati saat mengurus perpanjangan paspor.
  • Paspor hanya dapat diperpanjang, jika sudah masuk kurang dari 6 bulan sebelum masa berlaku habis. Namun berbeda halnya jika Anda ingin berganti paspor biasa menjadi e-paspor.
  • Anda harus menyiapkan biaya penggantian paspor sebesar 655 ribu rupiah untuk e-paspor dan 355 ribu rupiah untuk paspor biasa.
  • Berkas yang harus Anda siapkan adalah Akta Kelahiran asli dan salinannya (bisa diganti dengan ijasah), Kartu Keluarga asli dan salinannya, KTP asli dan salinannya, paspor lama asli dan salinan bagian paling depan dan belakang, dan pena hitam. Semua salinan harus di kertas berukuran A4 dan tidak dipotong.
  1. Akta Kelahiran asli dan salinannya (bisa diganti dengan ijasah),
  2. Kartu Keluarga asli dan salinannya,
  3. KTP asli dan salinannya,
  4. paspor lama asli dan salinan bagian paling depan dan belakang,
  5. pena hitam, dan
  6. semua salinan harus di kertas berukuran A4 dan tidak dipotong.

 

Cara Mudah Perpanjangan Paspor Secara Manual

Cara Mudah Perpanjangan Paspor. Perpanjangan paspor secara manual dilakukan dengan datang langsung ke kantor imigrasi.

  • Pakailah sepatu, baju bukan berwarna putih, dan celana panjang. Baju bukan berwarna putih karena background foto adalah putih.
  • Datang ke Kantor Imigrasi lebih pagi karena akan ada banyak pengunjung yang datang. Akan ada nomor antrian priority untuk balita, lansia, dan diffabel. Biasanya, pemanggilan nomor antrian diutamakan nomor antrian priority terlebih dahulu.
  • Pemanggilan untuk pengecekan berkas dan mendapatkan antrian foto dan wawancara.
  • Saat wawancara petugas akan menanyakan rencana kunjungan luar negeri yang akan dilakukan sehingga Anda harus menyiapkan jawaban yang jujur dan akurat. Setelah wawancara petugas akan mengambil foto di ruang wawancara kemudian memberi lembar untuk pembayaran biaya paspor sekaligus bukti untuk mengambil paspor.
  • Pembayaran sebaiknya langsung dilakukan di hari yang sama di bank BNI. eller akan memberi bukti pembayaran dan langsung diclip dengan formulir pengambilan paspor. Paspor tersedia 3 hari kerja setelah membayar biaya paspor di bank, namun sebaiknya ikuti informasi dari petugas saat wawancara untuk tahu hari pengambilan paspor.
  • Apabila Anda ingin mengambil paspor sebaiknya di atas jam 1 siang untuk memastikan paspor telah tersedia dengan membawa bukti pengambilan paspor dan bukti pembayaran. Biasanya waktu mencari paspor cukup lama, Anda harus bersabar. Petugas akan meminta tanda tangan di formulir dan paspor baru, kemudian memberikan paspor baru yang harus difotokopi depan belakang untuk diberikan kepada petugas.
  • Pengambilan paspor dapat diwakilkan dengan membawa surat kuasa dan KTP pemberi dan yang diberi kuasa. Untuk pengambilan paspor anak, penerima kuasa harus memperlihatkan KTP asli kedua orang tua.

 

Cara Mudah Perpanjangan Paspor Secara Online

Cara Mudah Perpanjangan Paspor

 

  • Pendaftaran Online

Pendaftaran secara online dapat dilakukan di website imigrasi http://www.imigrasi.go.id/. Setelah situs imigrasi terbuka, pilihlah menu Layanan Publik-Layanan Online-Layanan Paspor Online. Kemudian pilihlah tabel Pra Pemohonan Personal untuk memilih jenis permohonan yang diperlukan: penggantian habis berlaku. Isi juga nomor paspor lama, jenis paspor (24 atau 48 halaman), serta Kantor Imigrasi terdekat. Tidak ada perbedaan antara paspor 24 dan 48 halaman. Yang membedakan hanya harganya (Rp155.000,00 untuk paspor 24 halaman dan Rp355.000,00 untuk paspor 48 halaman).

  • Mengisi Form Pembayaran

Kantor Imigrasi pusat akan mengirim email yang berisi surat pengantar untuk melakukan pembayaran. Surat tersebut harus dicetak terlebih dahulu untuk ditunjukkan ke teller bank BNI. Setelah mendaftar online, segera pergi ke bank BNI untuk melakukan pembayaran. Harga yang harus dibayar sudah tertera di surat tersebut, ditambah dengan biaya administrasi sebesar Rp5.000,00. Bukti pembayaran yang diterima dari bank harus dibawa ke kantor imigrasi.

  • Mengisi Halaman Permohonan Jadwal Wawancara

Setelah melakukan pembayaran di bank, buka kembali email yang diterima dari pihak kantor Imigrasi. Klik link yang tertera di badan email tersebut. Link tersebut mengarahkan ke halaman permohonan jadwal wawancara. Tentukanlah hari dan tanggal untuk datang ke Kantor Imigrasi.

  • Cetak Formulir

Setelah menentukan tanggal dan hari dan menyimpan data, Kantor Imigrasi akan mengirim email yang berisi tanda terima permohonan pembuatan paspor. Di tanda terima tersebut akan tertera tanggal dan waktu untuk datang ke Kantor Imigrasi. Silakan download dan cetak tanda terima tersebut lalu isi data-data yang diperlukan.

  • Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Sebelum datang ke kantor imigrasi siapkan dokumen yang diperlukan, seperti yang telah disebutkan di atas. Bawa serta bukti pembayaran yang diterima dari bank.

  • Datang ke Kantor Imigrasi

Datanglah ke kantor imigrasi sesuai hari dan tanggal yang sudah dipilih untuk melakukan wawancara dan foto. Antrian untuk pendaftar online akan dibedakan dengan antrian pengunjung yang datang langsung. Namun sebaiknya datanglah ke Kantor Imigrasi sepagi mungkin dan ambil nomor antrian. Masukkan semua fotokopi dokumen pribadi dan paspor lama ke dalam map yang disediakan. Anda akan dipanggil sesuai nomor antrian dan paspor baru dapat diambil dalam 3 hari kerja.

 

Itulah beberapa Cara Mudah Perpanjangan Paspor. Semoga bermanfaat.

 

BIRO UMROH SOLO

SHAFA TOUR

Telp/sms/whatsapp: 081 226 555 449 (Arief)

Kantor: Jl. Dr. Radjiman 641A Surakarta (Depan Pom Bensin Jongke)

Web: www.shafaumroh.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.