Cara Mengurus KK yang Hilang atau Rusak

BIRO UMROH SOLO Cara Mengurus KK yang Hilang atau Rusak Kartu Keluarga (KK) merupakan kartu identitas keluarga yang memuat data tentang susunan, hubungan, dan jumlah anggota keluarga. Kartu ini wajib dimiliki oleh setiap anggota keluarga, sama halnya dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Kartu ini berisi data lengkap tentang identitas Kepala Keluarga dan anggota keluarganya.

Cara Mengurus KK yang Hilang atau Rusak

 

Cara Mengurus KK yang Hilang atau Rusak. Kartu Keluarga memiliki fungsi yang sangat vital. Jika ada perubahan data seperti peristiwa kelahiran, kematian, pernikahan, kepindahan, maka KK ini harus segera diurus. Peran KK dalam kehidupan bermasyarakat juga sangat penting. Seorang anak yang tidak dibuatkan KK, ia akan kesulitan untuk mendaftar sekolah. Begitu pula jika Anda ingin membuat BPJS Kesehatan, paspor atau mendaftar umroh atau haji.

Cara Mengurus KK yang Hilang atau Rusak. Biro Umroh Solo Shafa Tour adalah salah satu biro umroh yang mengharuskan calon jamaah untuk mengumpulkan KK sebagai persyaratan administrasi. Hal ini dilakukan guna mengetahui informasi lebih mendalam terhadap calon jamaah.

Lalu bagaimana jika KK telah hilang atau rusak?

Cara Mengurus KK yang Hilang atau Rusak. Anda tidak perlu khawatir. Sebagaimana dokumen lainnya, KK yang hilang atau rusak masih bisa diurus kembali. Anda hanya harus melengkapi dokumen apa saja yang lengkap untuk kemudian diserahkan ke perangkat desa sebagai syarat mendapatkan KK baru.

Berikut ini beberapa Cara Mengurus KK yang Hilang atau Rusak.

 

  • Datang ke Rumah Ketua RT

Cara Mengurus KK yang Hilang atau Rusak pertama. Anda harus memiliki surat pengantar dari Ketua RT setempat guna surat kehilangan KK. Jika Anda masih memiliki salinan KK yang lama, Anda bisa membawanya. Jika tidak, Anda bisa mencoba bertanya kepada Ketua RT. Biasanya, Ketua RT masih memiliki salinan dokumen dari setiap warganya. Anda bisa meminjamnya sebentar untuk kemudian disalin kembali.

 

  • Datang ke Kelurahan

Cara Mengurus KK yang Hilang atau Rusak kedua. Anda bisa menemui petugas di sana dan menyampaikan bahwa hendak membuat KK baru. Serahkan surat pengantar dari RT dan salinan KK lama Anda. Petugas akan memberikan blanko untuk diisi sesuai data pada KK lama (lebih baik membawa pena sendiri).

Setelah blanko diisi, petugas Kelurahan akan membuatkan surat pengantar ke Polsek dan Kecamatan. Jadi, berkas yang Anda bawa dari kelurahan ada 4 yaitu blanko KK, salinan KK lama, surat pengantar ke Polsek, dan surat pengantar ke Kecamatan.

 

  • Datang ke Polsek

Cara Mengurus KK yang Hilang atau Rusak ketiga. Anda bisa menyerahkan surat pengantar dari kelurahan tadi ke petugas. Petugas akan membuatkan surat kehilangan sesuai dengan data yang sudah diberikan dari Kelurahan. Jadi, surat pengantar dari Kelurahan tadi akan diganti menjadi surat kehilangan.

 

  • Datang ke Kecamatan

Cara Mengurus KK yang Hilang atau Rusak keempat. Setelah sampai di Kecamatan, segera menuju ke Pelayanan umum. Anda akan ditanya keperluan Anda dan serahkan berkas dokumen yang Anda bawa: blanko KK, salinan KK lama, surat pengantar dari Kelurahan (untuk Kecamatan), dan surat kehilangan dari Polsek. Petugas akan mengecek, menyetempel, dan menandatangani dokumen tersebut. Petugas kemudian akan mengarahkan Anda untuk masuk ke ruang pengurusan KK-KTP.

Petugas dalam ruangan akan mengecek berkas Anda kembali. Jika sudah lengkap, Anda akan diberikan secarik kertas kecil yang berisi tanggal untuk mengambil KK baru Anda. Langkah mengurus KK baru pun selesei.

 

Untuk biaya yang dikenakan dalam proses pembuatan KK seharusnya Rp0,00, alias gratis. Namun adakalanya ada biaya tambahan yang dikenakan. Sebaiknya bawa uang untuk berjaga-jaga.

Itulah beberapa langkah terkait dengan Bagaimana Cara Mengurus KK yang Hilang? Semoga bermanfaat.

BIRO UMROH SOLO

SHAFA TOUR

Telp/sms/whatsapp: 081 226 555 449 (Arief)

Kantor: Jl. Dr. Radjiman 641A Surakarta (Depan Pom Bensin Jongke)

Web: www.shafaumroh.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.