Miqat Ji’ronah

BIRO UMROH SOLO Miqat Ji’ronah merupakan nama sebuah tempat yang tidak jauh dari pusat kota Mekkah. Jaraknya hanya sekitar 26 km. Di tempat ini terdapat sebuah masjid yang dijadikan miqat umroh yaitu Masjid Ji’ronah. Masjid Ji’ronah adalah tempat terbaik untuk melaksanakan miqat umroh saat jamaah sudah berada di kota Mekkah.

Miqat Ji’ronah

 

Miqat Ji’ronah. Masjid Ji’ronah terletak di bagian timur laut kota Mekkah yang selalu ramai dipadati jamaah haji dan umroh. Selain sebagai tempat utama melakukan ibadah miqat, masjid ini juga mempunyai daya tarik sendiri yang memikat. Luar masjidnya cukup lebar yaitu mencapai 1.600 meter persegi.

Miqat Ji’ronah. Masjid tersebut mampu menampung hingga 1000 jama’ah sholat dan dilengkapi dengan area parkir yang cukup luas. Masjid Ji’ronah juga menyediakan kamar mandi yang nyaman dan luas. Namun saat musim haji, para jamaah yang hendak mengganti pakaian atau menggunakan kamar mandi untuk keperluan lainnya harus rela mengantri lama.

 

Miqat Ji’ronah: Asal Nama

Miqat Ji’ronah. Nama “ji’ronah” sebenarnya berasal dari sebuah nama yang dihadiakan bagi seorang wanita yang telah mengabdikan dirinya untuk membersihkan dan menjaga masjid di desa tersebut. Kemudian nama itu melekat menjadi nama sebuah masjid, Masjid Ji’ronah. Masjid itu pun terkenal sebagai tempat miqat terbaik.

 

Miqat Ji’ronah: Keistimewaan

Miqat Ji’ronah. Masjid Ja’ronah merupakan salah satu tempat yang telah ditentukan untuk melakukan ibadah maqat ketika menunaikan ibadah haji atau umroh khsusnya bagi penduduk asli Makkah. Yang dimaksud miqat di sini adalah miqat makani. Hal ini berdasarkan madzhab Syafii. Sementara madzhab Hanafi menyebutkan bahwa miqat ihram sebaiknya dimulai di kita Tan’im, jaraknya 5 km dari kota Mekkah.

Berdasarkan riwayat dari Imam Muslim, Rasululloh SAW memulai ihramnya dari Ji’ronah ini.

 

Miqat Ji’ronah: Wisata Favorit

Miqat Ji’ronah. Masjid Ji’ronah merupakan salah satu lokasi favorit bagi jamaah haji atau umroh yang melakukan ziarah. Banyak wisata yang disuguhkan di Ji’ronah ini. salah satunya adalah sumur yang dikenal dengan Bir Thaflah.

Miqat Ji’ronah. Berdasarkan sumber sejarah, sumur ini adalah salah satu bentuk keistimewaan yang dimiliki oleh Rasululloh SAW. Pada saat kaum muslimin berperang,kehausan melanda dan mereka sangat membutuhkan air untuk diminum. Padahal di sekitar tempat tersebut tidak ditemukan air.

Miqat Ji’ronah. Kemudian Rasululloh SAW memukulkan tongkatnya ke tanah. Atas kuasa Alloh SWT, air terpancar dari dalam tanah. Itulah sumur Bir Thaflah saat ini. Air dari sumur ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

 

Miqat Ji’ronah: Cendera Mata

Miqat Ji’ronah. Di sekitar masjid ini akan banyak ditemui para pedagang yang menjajakan barang dagangannya. Barang yang diperjual-belikan pun adalah cendera mata yang unik dan khas dari kota Mekkah. Jadi saat melaksanakan ibadah haji atau umroh dan miqat atau berkunjung ke Masjid Ja’ronah ini, jamaah bisa menjadikan tempat ini membeli cendera mata terbaik sebagai oleh-oleh dari kota Mekkah.

Miqat Ji’ronah

 

Miqat Ji’ronah. Dalam sebuah riwayat Ibnu Abbas bahwa Rasululloh  SAW menunaikan  umroh selama empat kali sepanjang hidup Beliau. Pelaksanaan umroh pertama adalah Miqat Hudaibiyah.

Miqat Hudaibiyah

Pelaksanaan umroh kedua adalah umroh qadha’. Pelaksanaan umroh ketiga adalah umroh yang dilakukan dengan Miqat Ji’ronah.  ini. Bahkan, Rasululloh SAW sempat menginap selama 13 hari dan berihram dari sini selama rangkaian perang Hunain. Sementara Pelaksanaan umroh keempat adalah pada saat Rasululloh SAW melakukan haji wada’, haji perpisahan.

 

BIRO UMROH SOLO

SHAFA TOUR

Telp/sms/whatsapp: 081 226 555 449 (Arief)

Kantor: Jl. Dr. Radjiman 641A Surakarta (Depan Pom Bensin Jongke)

Web: www.shafaumroh.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.