Tips Umroh Saat Ramadhan

BIRO UMROH SOLO Tips Umroh Saat Ramadhan Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, di mana nilai ibadah pada bulan ini dilipat-gandakan oleh Alloh SWT. Jika Anda memiliki kesempatan untuk beribadah umroh di bulan Ramadhan, selain mendapatkan keutamaan umroh, Anda juga dapat mengejar keutamaan bulan baiknya yakni bulan Ramadhan.

Tips Umroh Saat Ramadhan

 

 

Umroh di bulan Ramadhan menjadi suatu ibadah yang saat ini banyak dilakukan ummat islam karena nilai keutamaannya. Dalam sebuah riwayat dijelaskan,

Ibnu Abbas ra berkata, “Rasululloh SAW berkata kepada seorang wanita dari kalangan Anshar, “Apa yang menghalangimu untuk haji bersama kami?” Wanita itu menjawab, “Kami mempunyai onta yang kami pergunakan untuk mengairi. Lalu Abu Fulan menaikinya, begitu pula anak onta itu bagi istrinya dan anaknya, dan dia meninggalkan seekor unta agar dipergunakan untuk mengairi.” Beliau SAW kemudian berkata, “Apabila datang bulan Ramadhan, maka umrohlah pada bulan itu, karena umroh pada bulan Ramadhan serupa dengan haji.” (HR. Bukhori, Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah dan Al Baihaqi).

 

Baca juga

Keutamaan Umroh di Bulan Ramadhan

Tips Umroh Saat Ramadhan. Ditambah lagi, pada bulan Ramadhan kita mengenal malam yang paling mustajab. Malam di mana setiap ibadah diterima Alloh SWT. Malam di mana setiap doa dikabulkan oleh Alloh SWT. Malaikat-malaikat, termasuk malaikat Jibril, turun pada malam itu yakni malam Lailatul Qadar.

Tips Umroh Saat Ramadhan. Malam Lailatul Qadar, sesuai sabda Nabi SAW, terjadi pada sepuluh hari terakhir malam-malam ganjil di bulan Ramadhan. Maka dari itu, sepuluh hari terakhir inilah situasi yang paling ramai kita jumpai jamaah-jamaah haji berkumpul di Tanah Suci.

Tips Umroh Saat Ramadhan. Saat bulan Ramadhan, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa. Begitu pula dengan para jamaah umroh. Secara otomatis, mereka tidak makan dan minum, meskipun cuaca di Tanah Arab sangat terik. Para jamaah harus tetap berpuasa, kecuali ada hal syari yang menghalangi untuk berpuasa.

Beribadah umroh di bulan biasa saja, banyak jamaah yang mengalami kepayahan saat siang hari. Apalagi harus beribadah umroh saat berpuasa. Maka dari itu, berikut ini ada beberapa Tips Umroh Saat Ramadhan bagi Anda agar terhindar dari kepayahan saat umroh di puasa.

 

Atur umroh supaya bisa dikerjakan pada malam hari

Tips Umroh Saat Ramadhan pertama. Mengingat suhu Arab Saudi yang panas, coba atur pelaksanakan umroh saat Ramadhan pada malam hari. Tujuannya agar Anda tidak kepanasan dan bisa minum saat kehausan.

Manasik umroh tidak hanya sekali, tetapi banyak. Ada thawaf, sai, dan lain-lain. Agar pelaksanaan ibadah umroh jamaah lancar, dianjurkan memilih waktu malam untuk beribadah umroh.

 

Siang hari untuk istirahat

Tips Umroh Saat Ramadhan kedua. Jika jamaah umroh memilih waktu malam untuk umroh, persiapkanlah tenaga semaksimal mungkin. Tidak hanya makan makanan sehat, tetapi juga istirahat yang cukup. Maka dari itu, gunakanlah waktu siang hati untuk istirahat. Jangan terlalu banyak beraktivitas berat di siang hari agar segar dan cerah saat menghadap Alloh SWT.

 

Siap menghadapi keramaian

Tips Umroh Saat Ramadhan ketiga. Seluruh umat Islam di dunia pasti punya cita-cita berkunjung ke Tanah Suci. Biasanya, di penghujung Ramadan, jutaan umat Islam akan datang untuk umroh. Mau tidak mau jamaah umroh harus siap menghadapi keramaian dan hiruk pikuk jutaan umat Islam dari seluruh dunia. Lapangkan hati dan pikiran serta  luruskan niat beribadah kepada Alloh SWT ya.

 

Jangan khawatir soal buka puasa

Tips Umroh Saat Ramadhan keempat. Jamaah umroh tidak perlu bingung mencari makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram terdapat takjil yang berlimpah ruah. Gratis. Anda bisa mengambil takjil dan berbuka puasa bersama ribuan jamaah lain. Nikmatilah suasana kekeluargaannya.

Tips Umroh Saat Ramadhan
Berbuka Puasa Bersama

Ayo ikut tarawih

Tips Umroh Saat Ramadhan kelima. Anda sudah jauh-jauh beribadah umroh, jangan lewatkan kesempatan ikut sholat tarawih di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Bacaan suratnya sampai satu juz.

 

Atur waktu sahur bersama grup umroh

Tips Umroh Saat Ramadhan keenam. Makan sahur adalah persiapan penting untuk puasa di Tanah Suci. Setelah itu Anda bisa mengejar sholat subuh di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Atur waktu baik-baik. Jangan sampai ketinggalan sahur apalagi sholat, karena Anda harus jalan kaki dari hotel ke masjid.

Anda bisa menghubungi muthawif untuk membahas soal pengaturan waktu sahur. Biasanya, mereka sudah tahu jam berapa harus sahur supaya masih bisa mengejar waktu sholat subuh. Intinya adalah disiplin waktu.

 

Sedia selalu kantong plastik di dalam tas umroh

Tips Umroh Saat Ramadhan ketujuh. Kantong plastik ini akan sangat berguna bagi Anda untuk menyimpan sandal. Masjidil Haram dan Masjid Nabawi adalah masjid-masjid terluas di dunia. Tidak mungkin rasanya meninggalkan sandal di luar masjid. Di dalam masjid memang bertebaran rak sandal atau sepatu, tetapi Anda akan kerepotan jika harus selalu mengawasinya. Masukkan sandal ke dalam plastik dan plastiknya masuk ke tas umroh. Praktis! Jangan sampai kita kebingungan karena sandal hilang.

Nah itulah beberapa Tips Umroh Saat Ramadhan dari Biro Umroh Solo Shafa Tour untuk jamaah umroh yang umroh di bulan Ramadan. Selamat beribadah ya

 

BIRO UMROH SOLO

SHAFA TOUR

Telp/sms/whatsapp: 081 226 555 449 (Arief)

Kantor: Jl. Dr. Radjiman 641A Surakarta (Depan Pom Bensin Jongke)

Web: www.shafaumroh.com

 

Sumber:

https://travel.detik.com/travel-tips/d-3531427/tips-umroh-saat-ramadan-nomor-5-dan-7-jangan-lupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.