10 Penyebab Hati Anda Mati

BIRO UMROH SOLO 10 Penyebab Hati Anda Mati Hati adalah unsur inti dari kehidupan manusia. Hati ibarat nyala yang menghidupkan badan manusia. Jika nyala ini padam, maka padam pula badannya, dalam arti tidak ada lagi tempat terang untuk berbuat baik. Sebagaimana sabda Rasululloh yang menyatakan apabila hati seorang muslim rusak, maka rusak pula lah seluruh tubuhnya.

10 Penyebab Hati Anda Mati

 

10 Penyebab Hati Anda Mati. Dalam ilmu sains, hati yang dimaksud di sini bukanlah organ hati, melainkan jantung. Tanpa adanya jantung, manusia tidak akan bisa hidup. Jantung inilah yang memompa “kehidupan” manusia. Bila jantung rusak, darah yang mengalir dalam tubuh bisa kotor, bahkan bocor.

Seseorang yang hatinya mati 10 Penyebab Hati Anda Mati, ia kesulitan merasakan sesuatu, atau membedakan sesuatu. Ada suatu perasaan yang mendorong dirinya untuk tidak “melihat” apapun, baik itu hal yang halal maupun haram.

Seseorang yang hatinya mati ini, biasanya jauh dari Alloh SWT. Padahal sudah jelas bahwa Islam adalah jalan yang benar dan Alquran adalah petunjuk, pedoman, dan penerang hidup. Seseorang yang hatinya mati 10 Penyebab Hati Anda Mati tentu menjauhi hal-hal yang disyariatkan Islam dan Alquran. Hidupnya tidak akan tenang, karena hatinya juga tidak tenang.

 

Dalam buku Nashaihul Ibad Nasihat-nasihat untuk Para Hamba: menjadi Santun dan Bijak karya Imam Nawawi Al Bantani, disebutkan ada 10 Penyebab Hati Anda Mati.

 

10 Penyebab Hati Anda Mati. Syaqiq Al-Bakhi berkata, “Suatu saat iBrahim bin Adham berjalan di pasar Bashrah: orang yang mengetahui kedatangannya berkumpul mengerumuninya. Di antara mereka ada yang bertanya tentang firman Alloh (QS. Al Mukmin: 60).”

“Berdoalah kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkan doa kalian.”

Orang yang bertanya itu lalu berkata, “Padahal kami sudah sering berdoa, tetapi Alloh tidak mengabulkan doa kami.”

10 Penyebab Hati Anda Mati. Ibrahim bin Adham kemudian berkata, “Wahai penduduk Bashrah, sesungguhnya hati kalian telah mati oleh sepuluh sebab, maka bagaimana mungkin Alloh mengabulkan doa kalian. Kesepuluh faktor yang menyebabkan hati kalian mati adalah:

  • Kalian mengenal Alloh, tetapi tidak mau menunaikan hak-Nya.
  • Kalian suka membaca kitab Alloh, tetapi tidak mau mengamalkannya.
  • Kalian mengetahui iblis itu musuh, tetapi tetap mengikuti perintahnya.
  • Kalian menyatakan cinta kepada Rasululloh SAW, tetapi meninggalkan sunnahnya.
  • Kalian menyatakan cinta surga, tetapi tidak mau mengamalkan amalan ahli surga.
  • Kalian mengakui takut siksa neraka, tetapi tetap saja berbuat dosa.
  • Kalian meyakini bahwa kematian itu haq, tetapi tidak pernah menyiapkan bekal untuk menghadapinya.
  • Kalian selalu memperhatikan aib orang lain, tetapi tidak mau memperhatikan aib diri sendiri.
  • Kalian senang makan rizeki Alloh SWT, tetapi tidak pernah bersyukur kepada-Nya.
  • Kalian sering mengubur orang mati, tetapi tidak mau mengambil pelajaran darinya.

 

Maksud dari “Kalian mengenal Alloh, tetapi tidak mau menunaikan hak-Nya” adalah kalian tahu bahwa Allah-lah Dzat yang menciptakan dan memberi rezeki kalian, tetapi kalian tidak mau beribadah kepada-Nya sesuai dengan apa yang Dia perintahkan. 10 Penyebab Hati Anda Mati

10 Penyebab Hati Anda Mati. Dalam suatu riwayat dari Ibnu Abi Hatim disebutkan bahwa Jibril pernah berkata kepada Nabi SAW, “Tidaklah aku diutus kepada seseorang yang lebih aku cintai daripada ketika aku diutus kepadamu. Maukah aku ajarkan kepadamu (kalimat) pembuka doa yang aku simpan khusus untukmu, yang belum pernah aku ajarkan kepada seorang pun sebelummu, yang dapat engkau baca sewaktu berdoa dengan harap-harap cemas? Yaitu bacalah:

 

“Yaa nuuros samawaati wal ardhi, wa yaa qoyyuma samawaati wal ardhi, wa yaa shomadas samawaati wal ardhi, wa yaa zainas samawaati wal ardhi, wa yaa jamaalas samawaati wal ardhi, wa yaa dzal jalaali wal ikroom, wa yaa ghoutsal mustaghiitsiin wa muntaha roghbatil ‘aabidiin, wa munaffisal kurobi ‘anil makruubin, wa mufarrijal ghommi ‘anil maghmuumiin, wa shoriikhol mustashrikhiin, wa mujiiba su’aalil ‘aabidiin… .” (bisa dilanjutkan dengan doa Anda yang menyangkut urusan dunia dan akhirat)

 

Artinya, “Wahai Dzat yang menerangi langit dan bumi, Wahai Dzat yang mengurus langit dan bumi, Wahai Dzat yang menahan langit dan bumi, Wahai Dzat yang menghias langit dan bumi, Wahai Dzat yang memperindah langit dan bumi, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan, wahai Dzat yang menjadi tempat memohon pertolongan bagi mereka yang memohonnya, wahai Dzat yang menjadi puncak harapan para ahli ibadah, wahai Dzat yang melepaskan beragam kesulitan dari mereka yang dilandanya, wahai Dzat yang menghilangkan kecemasan dari mereka yang ditimpanya, wahai Dzat yang memberi pertolongan kepada mereka yang memohonnya, dan wahai Dzat yang mengabulkan permohonan para hamba-Nya… .”

 

BIRO UMROH SOLO

SHAFA TOUR

Telp/sms/whatsapp: 081 226 555 449 (Arief)

Kantor: Jl. Dr. Radjiman 641A Surakarta (Depan Pom Bensin Jongke)

Web: www.shafaumroh.com

 

Sumber:

Al Bantani, Imam Nawawi. 2005. Nashaihul Ibad Nasihat-nasihat untuk Para Hamba: Menjadi Santun dan Bijak. Bandung: Irsyad Baitus Salam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.