5 Tips Menghindari Bahaya Riba

BIRO UMROH SOLO 5 Tips Menghindari Bahaya Riba Dalam kegiatan ekonomi, praktik riba memang memberi keuntungan yang banyak bagi pihak si peminjam. Namun tidak halnya dengan si peminjam karena adanya ‘biaya tambahan’ yang disertakan pada saat pengembalian pinjaman tersebut. Belum lagi ditambah adanya jatuh tempo di mana jika peminjam mengembalikan pinjaman melewati batas tempo, ia terkena denda.

5 Tips Menghindari Bahaya Riba

 

Riba merupakan penetapan bunga; bunga uang;  melebihkan jumlah pinjaman dari jumlah pinjaman pokok yang dibebankan pada peminjam; atau lintah darat. Dalam agama Islam, praktik riba ini sangatlah diharamkan. Namun saat ini justru banyak sekali praktik riba yang disadari atau tidak telah menjamur di masyarakat. Maka dari itulah, Biro Umroh Solo Shafa Tour sedikit memberi  5 Tips Menghindari Bahaya Riba bagi Anda.

5 Tips Menghindari Bahaya Riba. Riba ada beragam jenisnya. Baik riba kecil maupun besar, semua diharamkan oleh Islam. Praktik riba bertentangan dengan prinsip muamalat dalam Islam. Hal ini dikarenakan riba merugikan salah satu pihak. Tagihan dari pinjaman dapat menimbulkan efek jangka panjang, mulai dari fisik, emosional, psikologi, hingga spiritual.

Riba saat ini mudah ditemukan dan menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Contoh yang sederhana adalah pinjaman dari bank konvensional yang menerapkan sistem bunga sekian persen, sewa mobil, kartu kredit, kredit motor, dan lain-lain. Jumlah uang yang harus dibayar totalnya bisa berubah-ubah berdasarkan waktu pembayaran atau pada kondisi tertentu. 5 Tips Menghindari Bahaya Riba

Penggunaan kartu kredit tujuannya adalah untuk memberikan kenyamanan dalam hidup. Namun yang terjadi adalah sebaliknya. Perusahaan pembuat kredit membuat pengguna kartu kredit berhutang, sehingga pengguna dikenakan bunga tinggi dan terlilit utang.

Untuk mengatasi praktik riba ini, sebenarnya cukup dilakukan dengan menghindari pola pikir konsumtif yang merugikan. Kita bisa menerapkan pola hidup dengan pengeluaran yang wajar. Berikut ini ada 5 Tips Menghindari Bahaya Riba.

 

Kenali dan Pahami Bahaya Riba

5 Tips Menghindari Bahaya Riba  pertama. Alloh SWT berfirman dalam Q.S. Ali ‘Imron Ayat 130,

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Alloh supaya kamu mendapat keberuntungan.”

Islam sudah menjelaskan secara tegas dan gamblang bahwa riba adalah haram. Keberadaan riba dapat membuat seseorang terlilit utang. Sudah banyak kasus seseorang kehilangan rumah karena tidak sanggup membayar utang karena bunga yang cukup tinggi.

 

Lakukan Transaksi Jual-Beli dengan Cara yang Halal

5 Tips Menghindari Bahaya Riba  kedua. Sebelum melakukan transaksi jual-beli, akan lebih baik lagi jika kita mengetahui transaksi jual-beli yang halal dan haram dalam Islam. Berikut ini transaksi jual-beli yang diperbolehkan dalam Islam.

Tips Menghindari Bahaya Riba: Jual-Beli dengan Sukarela. Jual beli ini diperbolehkan jika kedua belah pihak, penjual dan pembeli, menyetujui aturan yang ditetapkan kedua belah pihak. Tidak boleh ada paksaan di antara keduanya, sehingga merugikan salah satu pihak.

Tips Menghindari Bahaya Riba: Berkompeten. Kompetensi dalam transaksi ini diperlukan agar tidak ada pihak lain yang mengambil keuntungan. Kejujuran diperlukan dan harus dilakukan oleh kedua belah pihak.

Tips Menghindari Bahaya Riba: Lakukan Transaksi yang Diperbolehkan. Salah satu cara untuk melakukan transaksi yang diberikan adalah akad mudharabah. Salah satu pihak menjadi pemodal dan pihak lain yang menjalankan usaha. Keuntungan yang didapatkan adalah dengan bagi hasil. Jadi, ketika usaha mengalami kerugian, pihak pemodal yang menanggung kerugian. Sementara orang yang menjalankan usaha tidak menanggung kerugian karena usaha dan tenaga yang sudah ia kerahkan adlah bagian dari kerugiannya.

 

Melakukan Pinjaman Pada Lembaga Khusus

5 Tips Menghindari Bahaya Riba: keempat. Tips Menghindari Bahaya Riba ketiga. Saat ini melakukan pinjaman tidak harus ke bank yang menerapkan sistem riba. Ada lembaga-lembaga khusus yang menangani utang ppiutang tanpa riba. Misalnya, lembaga BMT atau banyk syariah yang benar-benar dijalankan secara islami.

 

Menanamkan Sifat Qonaah dalam Diri

5 Tips Menghindari Bahaya Riba kelima. Qonaah berarti rela menerima apa yang diberikan oleh Alloh SWT. Dengan menanamkan sifat ini dalam diri, kita akan terhindar dari perilaku konsumtif. Sifat bersyukur akan menghindarkan diri kita dari rasa ingin memiliki sesuatu dan iri terhadap apa yang dimiliki orang lain. Usaha apapun tidak akan berhasil dilakukan, jika tidak dimulai dari ‘diri sendiri’.

 

Itulah 5 Tips Menghindari Bahaya Riba agar kita bisa terhindar dari bahaya riba. Selain perbuatan ini dilarang oleh Alloh SWT, kita juga bisa terhindar dari efek jangka panjang riba. Semoga Alloh senantiasa mencukupi rizki kita dan kita merasa cukup atas rizki tersebut, sehingga kita terhindar dari pinjaman riba.

 

BIRO UMROH SOLO

SHAFA TOUR

Telp/sms/whatsapp: 081 226 555 449 (Arief)

Kantor: Jl. Dr. Radjiman 641A Surakarta (Depan Pom Bensin Jongke)

Web: www.shafaumroh.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.