10 Hikmah Shalat

BIRO UMROH SOLO 10 Hikmah Shalat Shalat adalah tiang dari agama. Tiang sebuah bangunan akan menyangga bangunan itu agar bisa berdiri tegak. Tanpa tiang, sebuah bangunan akan mudah goyah saat diterpa angin besar, banjir, dan lainnya. Begitu pula dengan hal nya shalat. Tanpa menegakkan ibadah shalat, hati seorang manusia akan rapuh dari segala macam godaan.

10 Hikmah Shalat

 

Shalat adalah ibadah yang dimulai dengan gerakan takbir dan diakhiri dengan salam. Di dalamnya terdapat gerakan berdiri tegak, rukuk, sujud, dan duduk. Namun lebih dari ‘sekedar’ gerakan itu semua, shalat adalah salah satu wujud dari penghambaan seorang manusia kepada Alloh SWT. Sebagaimana gerakan sujud merupakan benturk kepasrahan seorang manusia kepada Sang Pencipta. Sujud pula mengingatkan kepada kita bahwa pada akhirnya kita akan kembali lagi ke tanah. 10 Hikmah Shalat

10 Hikmah Shalat memiliki banyak sekali keutamaan, baik shalat wajib maupun shalat sunnah. Begitu pula dengan manfaat kesehatan. Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa setiap gerakan shalat memiliki manfaat bagi kesehatan badan.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasululloh SAW bersabda tentang 10 Hikmah Shalat, “Shalat itu merupakan tiang agama yang di dalamnya terkandung sepuluh hal yaitu

  • dapat mencerahkan wajah,
  • dapat menerangi hati,
  • dapat menyehatkan badan,
  • menjadi faktor ketenangan di dalam kubur,
  • menjadi sebab turunnya rahmat,
  • merupakan kunci langit,
  • dapat memberatkan timbangan (amal),
  • tempat keridhaan tuhan,
  • bernilai surga, dan
  • menjadi tabir dan siksa neraka.

Barang siapa menegakkannya, berarti telah menegakkan agama; dan barang siapa meninggalkannya, berarti telah meruntuhkan agama.”

 

Berikut ini beberapa hadist yang menunjukkan keutamaan dari 10 Hikmah Shalat.

“ Shalat seseorang menjadi penerang hatinya. Barang siapa berkeinginan agar hatinya menjadi terang, maka terangilah hatinya dengan shalat.” (HR. Dailani)

“Berdirilah engkau untuk mengerjakan shalat, karena shalat itu dapat menjadi obat.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

“Sesungguhnya Alloh jika menurunkan suatu bala (bencana) dari langit kepada penduduk bumi, maka Alloh akan menghindarkannya dari para pemakmur masjid.” (HR. Askari)

“Shalat adalah sarana pendekatan diri kepada Alloh bagi setiap insan yang bertakwa.” (HR. Qadha’i dari ‘Ali)

“Tiada suatu keadaan yang seorang hamba berada padanya yang lebih Alloh cintai, kecuali sewaktu Dia melihat hamba-Nya tengah bersujud dengan menyungkurkan wajahnya di tanah.” (HR. Thabarani)

“Sesungguhnya orang yang tengah mengerjakan shalat itu berarti tengah mengetuk pintu Dzat Yang Mahakuasa; dan sesungguhnya orang yang mengetuk pintu secara terus-menerus itu pasti akan dibukakan untuknya.” (HR. Dailani)

“Shalat adalah barometer (iman). Barang siapa yang menyempurnakannya (sehingga tidak ada yang kurang), maka kelak akan memperoleh pahala yang sempurna.” (HR. Baihaqi dari ‘Ibnu Abbas)

“Barang siapa memelihara shalat lima waktu, maka kelak shalatnya akan menjadi cahaya, hujjah, dan penyelamat baginya pada hari kiamat. Barang siapa tidak bisa memelihara shalat lima waktu, maka shalat itu tentu tidak akan menjadi cahaya, hujjah, dan penyelamat bagi dirinya. Pada hari kiamat nanti dia akan dikumpulkan bersama Fir’aun, Qarun, Haman, dan Ubay bin Khalaf.” (HR. Ibnu Nasr)

Sejatinya shalat bukanlah kewajiban kita kepada Alloh SWT, melainkan kebutuhan kita sendiri untuk selalu mendekat kepada-Nya. Apalah arti diri manusia, jika tidak menggantungkan segala sesuatu, termasuk dirinya, kepada Dzat yang menciptakannya. Salah satunya dengan menegakkan ibadah 10 Hikmah Shalat ini.

 

BIRO UMROH SOLO

SHAFA TOUR

Telp/sms/whatsapp: 081 226 555 449 (Arief)

Kantor: Jl. Dr. Radjiman 641A Surakarta (Depan Pom Bensin Jongke)

Web: www.shafaumroh.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.