7 Sunnah Harian Rasululloh SAW

BIRO UMROH SOLO 7 Sunnah Harian Rasululloh SAW Sunnah dalam Islam adalah mengacu pada sikap, tindakan, ucapan, dan cara Rasululloh SAW dalam menjalani kehidupannya. Sunnah ini adalah sumber hukum kedua dalam Islam setelah Alquran. Kita juga menyebutnya dengan hadis. Alloh memberikan ganjaran kebaikan bagi hamba-hamba yang melaksanakan sunnah nabi-Nya.

7 Sunnah Harian Rasululloh SAW

 

Menghidupkan 7 Sunnah Harian Rasululloh SAW memiliki keutamaan besar. Apalagi jika menghidupkan sunnah Nabi SAW yang mulai atau telah ditinggalkan oleh kebanyakan umat muslim.

Dari ‘Amr bin ‘Auf bin Zaid al Muzani ra, Rasululloh SAW bersabda, “Barang siapa yang menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun.” (HR. Ibnu Majah)

Begitu istimewa sunnah dari Rasululloh SAW ini. Lalu, apa saja 7 Sunnah Harian Rasululloh SAW yang dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari?

 

  • Sholat Tahajjud

7 Sunnah Harian Rasululloh SAW pertama. Senantiasa melaksanakan sholat tahajjud merupakan ciri-ciri dari orang yang sholeh dan ikhlas. Nabi SAW tidak pernah meninggalkan sholat sunnah ini. Bahkan saat beliau SAW sedang sakit atau dalam keadaan sangat capai, Beliau sholat dengan duduk. Alloh SWT berfirman dalam QS. AL Israa’ Ayat 79, “Dan pada sebagian malam hari bertahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

7 Sunnah Harian Rasululloh SAW

 

 

 

 

 

 

  • Membaca, Memahami, dan Mengamalkan Alquran

7 Sunnah Harian Rasululloh SAW kedua. Alquran bukanlah kitab suci saja bagi umat muslim, melainkan petunjuk, pedoman, panduan dalam menjalani hidup. Alangkah baiknya jika kita berpegang pada Alquran setiap kali melangkah. Rasululloh SAW bahkan disebutkan bahwa akhlaknya adalah Alquran.

7 Sunnah Harian Rasululloh SAW

 

 

 

 

 

 

 

  • Memakmurkan Masjid atau Sholat Subuh di Masjid

7 Sunnah Harian Rasululloh SAW ketiga. Masjid adalah rumah Alloh SWT. Di sini pula umat islam senantiasa menyucikan dirinya secara lahir maupun batin. Rasululloh SAW tidak pernah meninggalkan masjid setiap sholatnya, kecuali karena adanya halangan udzur syar’i yang benar-benar menyebabkan beliau tidak bisa melaksanakannya. Bahkan pada saat sakit parah menjelang ajalnya, Rasululloh SAW masih memaksakan diri sholat berjamah di masjid. Meskipun saat itu Beliau harus dipapah saat berjalan dan sholat dengan duduk.

7 Sunnah Harian Rasululloh SAW

 

 

 

 

 

 

  • Sholat Dhuha

7 Sunnah Harian Rasululloh SAW keempat. Selain sholat tahajjud, sholat dhuha juga senantiasa dikerjakan oleh Sang Nabi. Beliau SAW bersabda, “Setiap persendian manusia diwajibkan untuk bersedekah setiap harinya mulai matahari terbit. Memisahkan (menyelesaikan perkara) antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah. Menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan sholat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah sedekah.” (HR. Bukhori dan Muslim)

7 Sunnah Harian Rasululloh SAW

 

 

 

 

 

 

  • Bersedekah

7 Sunnah Harian Rasululloh SAW kelima. Bersedekah adalah amalan yang disukai oleh Alloh SWT. Banyak sekali ayat-ayat dalam Alquran yang memerintahkan umat muslim untuk bersedekah. Rasululloh SAW pun selalu bersedekah. Banyak sekali kisah-kisah Beliau dalam bersedekah. Beliau sering berpuasa karena makanan untuknya disedekahkan kepada orang lain yang membutuhkan. Ada satu lagi amalan sedekah Beliau yang membuat kita terenyuh yakni kisah Beliau dengan seorang pengemis yahudi buta.

7 Sunnah Harian Rasululloh SAW

 

 

 

 

 

 

Keutamaan Sedekah Pada Hari Jumat

 

  • Menjaga Wudhu

7 Sunnah Harian Rasululloh SAW keenam. Rasululloh SAW senantiasa dalam keadaan berwudhu. Dengan menjaga wudhu berarti kita senantiasa menjaga kesucian. Alloh SWT juga sangat menyukai hamba-hamba-Nya yang berwudhu. Bahkan, sahabat Nabi, Bilal bin Rabah telah dijamin masuk surga karena salah satu amalannya yakni menjaga wudhu.

Ali bin Abi Thalib berkata, “Orang yang selalu berwudhu senantiasa ia akan merasa selalu sholat walau ia sedang tidak sholat, dan dijaga oleh malaikat dengan dua doa: ampuni dosa dan sayangi dia, Ya Alloh.”

7 Sunnah Harian Rasululloh SAW

 

 

 

 

 

 

 

  • Istighfar

7 Sunnah Harian Rasululloh SAW ketujuh. Istighfar atau memohon ampun kepada Alloh sebenarnya adalah ‘wajib’ kita lakukan. Mengapa? Karena manusia adalah tempatnya salah dan dosa. Namun begitu, Alloh menyukai hamba-hamba-Nya yang senantiasa memohon ampun pada-Nya. Jika seorang Rasululloh SAW, seorang Nabi, kekasih-Nya, yang telah disucikan hatinya dan dijamin masuk surga senantiasa beristighfar, lalu bagaimana dengan kita?

7 Sunnah Harian Rasululloh SAW

 

Itulah beberapa amalan 7 Sunnah Harian Rasululloh SAW. Semoga kita senantiasa bisa mengamalkannya. Aamiin.

 

BIRO UMROH SOLO

SHAFA TOUR

Telp/sms/whatsapp: 081 226 555 449 (Arief)

Kantor: Jl. Dr. Radjiman 641A Surakarta (Depan Pom Bensin Jongke)

Web: www.shafaumroh.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.