Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah

BIRO UMROH SOLO Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah Ada banyak sekali tempat-tempat ziarah yang ada di kota Mekkah dan Madinah. Ziarah ini sunnah dilakukan jika kita mendatanginya untuk melihat peninggalan sejarah Islam, terutama di zaman Rasulullah SAW. Guna ziarah ini untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Namun jika ziarah diikuti dengan perbuatan sirik, itu haram hukumnya.

Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah

 

Kota Mekkah

Kota Mekkah atau Makkah Al Mukarrohmah adalah salah kota utama yang berada di Arab Saudi. Di sinilah terdapat Kakbah yang menjadi kiblat umat muslim di seluruh dunia. Kota ini pula yang menjadi kota kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dari kota inilah dakwah dan perjuangan Islam dimulai. (Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah)

Kota ini sangat kental dengan sejarah kenabian, sejarah Islam. Jadi tidaklah heran jika pada musim umroh atau haji, banyak jamaah yang hendak melakukan ziarah mengunjungi tempat-tempat bersejarah di kota ini. (Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah)

 

  • Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah: Masjidil Haram

Masjid ini adalah tempat tujuan utama umat Islam berhaji dan berumroh. Di dalamnya terdapat Ka’bah yang merupakan bangunan yang pertama kali di Bumi dan digunakan untuk menyembah Alloh SWT. (Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah)

 

  • Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah: Masjid Abu Hurairah (Masjid Kucing)

Masjid ini terletak sekitar 400 m di sebelah timur laut Masjidil Haram. Abu Hurairah adalah sahabat Nabi SAW yang juga perawi hadist. Beliau juga dikenal dengan Bapak Kucing karena menyukai kucing. (Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah)

 

  • Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah: Makam Ma’la

Makam Ma’la adalah makam tertua di Mekkah. Di tempat ini pula terdapat makam istri pertama Nabi SAW, Ummul Mukminin Khadijah. (Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah)

 

  • Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah: Masjid Al Haras atau Masjid Jin

Masjid ini terletak di sebelah kiri Makam Ma’la. Di tempat ini Nabi SAW menulis surat pada Ibnu Mas’ud ra saat menerima rombongan jin yang ingin membaiat Nabi SAW. (Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah)

 

  • Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah: Jabbal Nur dan Gua Hira

Jabbal Nur terletak sekitar 6 km di sebelah utara Masjidil Haram. Di puncak gunung ini terdapat Gua Hira yang merupakan tempat Nabi SAW menerima wahyu untuk pertama kalinya. (Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah)

 

  • Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah: Jabbal Tsur

Jabal Tsur terletak sekitar 6 km di sebelah selatan Masjidil haram. Di tempat inilah terdapat Gua Tsur. Di Gua ini Nabi SAW bersama Abu Bakar berlindung dari kejaran kaum Quraisy saat hendak hijrah ke Madinah. (Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah)

 

  • Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah: Jabal Rahmah

Jabal Rahmah merupakan bukit yang berada di Padang Arafah. Di atas bukit ini terdapat sebuah tugu. Menurut riwayat, tugu ini adalah tempat berpisahnya Nabi Adam AS dan Siti Hawa setelah diturunkan ke dunia. Kemudian sampai akhirnya bertemu kembali setelah 100 tahun lamanya. Padang Arafah juga menjadi tempat utama saat ibadah haji, karena di sinilah salah satu rukun haji, wukuf, dilaksanakan. (Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah)

  • Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah: Museum Haramain

Museum ini terletak di Ummul Joud yang menyimpan benda-benda dari Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Jamaah bisa melihat pintu Ka’bah pertama kali yang terbuat dari kayu dan bekas mimbar Nabi SAW. (Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah)

 

  • Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah: Wadi Muhassir

Sebuah lembah yang merupakan bagian suci dan terletak di antara Muzdalifah dan Mina. Di sinilah tentara Abrahah dihancurkan oleh pasukan gajah yang dikisahkan dalam Surat Al Fiil. Saat melewati tempat ini, kita dianjurkan mempercepat jalan atau kendaraan. (Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah)

 

Kota Madinah

Madinah atau Madinah Al Munawwarah (Kota yang Bercahaya) terletak di Hijaz, sekaligus ibu kota dari Provinsi Madinah, Arab Saudi. Kota ini merupakan kota suci kedua setelah kota Mekkah. Kota ini pula disebut sebagai Kota Nabi. (Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah)

  • Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah: Masjid Nabawi

Rasululloh SAW bersabda, “Sholat di masjidku ini (Masjid Nabawi) lebih utama seribu kali dibandingkan sholat di masjid lainnya, kecuali di masjidil Haram yang lebih utama seribu kali dibadingkan sholat di masjid lainnya.” (HR. Ahmad, Ibnu Huzaimah, dan Hakim). Jadi, jamaah umroh jangan meninggalkan sholat wajib di masjid ini secara berjamaah. Pun dengan sholat-sholat sunnah, dzikir, membaca Alquran, dan amalan-amalan yang lain. (Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah)

 

  • Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah: Raudhah

Tempat di dalam Masjid Nabi yang letaknya antara makam nabi Muhammad SAW dan mimbar. Letak raudhah ditandai dengan tiang-tiang warna kuning keemasan dan karpetnya berwarna bunga-bunga hijau. Tempat ini adalah tempat yang makbul untuk berdoa. (Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah)

 

  • Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah: Makam Rasululloh SAW

Makam nabi SAW ada di dalam Masjid Nabi berdampingan dengan makam Abu Bakar Ash Shiddiq dan Umar bin Khattab. Kita disunnahkan untuk mengunjungi dan memberi salam kepada Rasululloh SAW. (Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah)

 

  • Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah: Makam Baqi’

Terletak di sebelah timur Masjid Nabawi. Makam ini merupakan makam tertua sejak zaman jahiliah. Di sinilah makam para sahabat dan keluarga Nabi SAW, seperti ummul Mukminin Aisyah, Fatimah Az Zahra, Ustman bin Affan, dan lain-lain. (Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah)

 

  • Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah: Museum Asma’ul Husna (The Beautiful Names of Alloh Exhibition)

Letaknya berdekatan dengan pintu gerbang nomor 13 Masjid Nabawi atau sebelah barat masjid.  Di museum ini para jamaah bisa menyelami makna 99 nama (asmaul husna) yang dipajang di sepanjang dinding. (Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah)

 

  • Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah: Masjid Quba

Masjid ini adalah masjid yang didirikan pertama kali oleh Rasululloh SAW dan para sahabat.  Di masjid ini pula sholat berjamaah pertama kali dilakukan secara terang-terangan. (Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah)

 

  • Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah: Masjid Qiblatain

Awalnya, umat Islam melakukan sholat dengan menghadapkan kiblatnya ke arah Baitul Maqdis. Kemudian wahyu turun dan kiblat berpindah ke Ka’bah di Masidil haram. Rasululloh SAW kemudian memutar arah kiblat 180 derajat ke arah Ka’bah, sehingga masjid ini memiliki dua kiblat. Dinamakan qiblatain yang artinya masjid dua kiblat. (Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah)

 

  • Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah: Jabal Uhud

Siapa umat Islam yang tidak mengenal peristiwa Perang Uhud? Perang yang sangat menyedihkan hati. Umat Islam dikalahkan oleh pasukan quraisy sebab tergiur harta rampasan perang. Pada perang ini pula 70 syuhada gugur, termasuk paman nabi SAW, Singa Padang Pasir, Hamzah bin Abdul Mutholib. Di Jabal Uhud inilah perang itu terjadi. Para jamaah disunnahkan memberi salam kepada para syuhada dan mendoakannya. (Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah)

 

Itulah Tempat-Tempat Ziarah di Kota Mekkah dan Madinah. Tidak hanya itu saja, masih ada banyak tempat yang bisa dikunjungi dan memiliki nilai sejarah. Dengan berziarah, kita menjadi paham sebuah arti dari perjuangan umat Islam terbaik pada zamannya.

 

BIRO UMROH SOLO

SHAFA TOUR

Telp/sms/whatsapp: 081 226 555 449 (Arief)

Kantor: Jl. Dr. Radjiman 641A Surakarta (Depan Pom Bensin Jongke)

Web: www.shafaumroh.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.