Sunnah-Sunnah yang Sering Diremehkan Seputar Siwak

BIRO UMROH SOLO Sunnah-Sunnah yang Sering Diremehkan Seputar Siwak Menurut istilah, sunnah adalah segala sesuatu yang bersumber dari Rasululloh SAW dalam agama, baik akidah, amal, amupun perilaku. Dalam fiqih kontemporer, sunnah adalah hukum selain fardhu, sunnah kebalikan dari wajib. Sunnah menurut ahli hadist adalah setiap hal yang bersumber dari Rasululloh SAW, baik berupa perkataan, perbuatan, maupun ketetapan.

Banyak sekali sunnah yang telah diteladankan oleh Rasululloh SAW. Sunnah ini sebaiknya kita ikuti karena merupakan amalan dan pedoman selain Alquran. Alloh SWT berfirman, “Katakanlah, ‘Jika kamu (benar-benar) mencintai Alloh, ikutilah aku, niscaya Alloh mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.’” (QS. Ali Imran:31)

Sunnah-Sunnah yang Sering Diremehkan Seputar Siwak

 

 

Sunnah-Sunnah yang Sering Diremehkan Seputar Siwak. Bersiwak adalah salah satu sunnah Rasululloh SAW. Ada banyak hadist yang menyebutkan tentang siwak ini, tetapi seringkali diremehkan atau tidak dihiraukan umat muslim. Padahal, Rasululloh SAW sangat menyukai bersiwak. Sampai detik-detik akhir kehidupan di dunia, Beliau SAW senantiasa bersiwak.

 

Sunnah-Sunnah yang Sering Diremehkan Seputar Siwak: Batang Siwak yang Bagus

Siwak yang bagus sebaiknya dari batang kayu arak yang dalam keadaan sedang-sedang saja. Artinya, batang tidak terlalu kering dan juga tidak terlalu basah. Batang arak tidak terlalu kering agar tidak melukai gusi. Sementara batang arak basah agar tidak menghilangkan sesuatu yang sepatutnya memang tidak dihilangkan.

Sunnah-Sunnah yang Sering Diremehkan Seputar Siwak
Batang Kayu Arak

 

Sunnah-Sunnah yang Sering Diremehkan Seputar Siwak: Hadist-Hadist

Diriwayatkan dari Ibnu Umar ra, ia berkata, “Rasululloh SAW bila berangkat tidur pasti siwak berada di sisinya. Apabila bangun tidur, pertama kali yang beliau lakukan adalah bersiwak.” (HR. Ahmad, Bukhori, Thabrani, dan Abu Ya’la)

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra, ia berkata, “Rasululloh SAW bersabda, ‘Andai saja aku tidak memberatkan umatku, niscaya akan aku perintahkan mereka bersiwak setiap akan shalat’.” (HR. Bukhori dan Muslim)

Diriwayatkan dari Hudzaifah, ia berkata, “Apabila Rasululloh SAW bangun malam, beliau menggosok mulutnya dengan siwak.” (HR. Bukhori dan Muslim)

Diriwayatkan dari Abu Musa Al Asy’ari, ia berkata, “Aku pernah menemui Nabi SAW yang sedang bersiwak dengan siwak lembap. Sementara ujung siwak berada di lidahnya, sampai beliau bersuara, ‘Uk…uk… .’ Siwak berada di dalam mulut, seakan-akan beliau mau muntah.” (HR. Bukhori dan Muslim)

Diriwayatkan oleh Aisyah ra, ia berkata, “Rasululloh SAW bersabda, ‘Siwak itu membersihkan mulut dan diridhoi oleh Alloh’.” (HR. Bukhori, Ahmad, Nasai, dan Ibnu Khuzaimah)

 

Sunnah-Sunnah yang Sering Diremehkan Seputar Siwak: Waktu-Waktu Bersiwak

Imam Nawawi berkata dalam Syarh Shahih Muslim, siwak disunnahkan pada semua waktu. namun, ada waktu-waktu yang dianjurkan untuk bersiwak.

  • Pada saat sebelum shalat
  • Setelah berwudhu
  • Pada saat akan membaca Alquran
  • Pada saat bangun tidur
  • Pada saat bau mulut berubah

 

Ibnul Qayim berkata, “Hendaknya seseorang sederhana saja dalam menggunakan siwak. Jika seseorang berlebihan dalam menggunakan siwak, maka akan menghilangkan keindahan dan kecemerlangan gigi itu sendiri, serta mudah menerima uap yang naik dari lambung dan kotoran. Selama siwak digunakan dengan proporsional,

  • gigi tampak indah,
  • batangnya kuat,
  • lisan terasa lancar berbicara,
  • mencegah gigi berlubang,
  • membuat bau mulut terasa enak,
  • otak menjadi jernih, dan
  • berselera makan.”

(dalam Zadul Ma’ad, IV:222-223)

 

Sunnah-Sunnah yang Sering Diremehkan Seputar Siwak: Bersiwak saat Masuk Rumah

Diriwayatkan dari Miqdam bin Syuraih, dari ayahnya, ia berkata, “Aku bertanya kepada Aisyah ra, “Apabila Rasululloh SAW masuk rumah, dengan apakah beliau memulainya?” Aisyah menjawab, ‘Dengan bersiwak’.” (HR. Muslim, Abu Dawud, Nasai, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban)

 

BIRO UMROH SOLO

SHAFA TOUR

Telp/sms/whatsapp: 081 226 555 449 (Arief)

Kantor: Jl. Dr. Radjiman 641A Surakarta (Depan Pom Bensin Jongke)

Web: www.shafaumroh.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.