6 Tips Umroh Agar Tidak Tersesat

BIRO UMROH SOLO 6 Tips Umroh Agar Tidak Tersesat Berdasarkan waktu pelaksanaannya, ibadah umroh memang lebih fleksibel, jika dibandingkan dengan ibadah haji. Ibadah umroh bisa dilakukan pada musim-musim umroh, tidak hanya sekali dalam satu tahun. Maka dari itulah, masyarakat Indonesia banyak yang memilih ibadah umroh ini karena tidak mau menunggu lamanya antrian ibadah haji. Setiap tahunnya, jamaah umroh dari Indonesia merupakan jamaah yang terbesar dibandingkan dengan negara lainnya. Sebagian dari jamaah itu mayoritas adalah kaum lanjut usia, atau lansia.

6 Tips Umroh Agar Tidak Tersesat

 

Pengalaman jamaah yang tersesat sangat sering terjadi, bahkan setiap tahunnya. Jamaah yang paling banyak tersesat ini adalah kaum lansia. Meskipun tidak dipungkiri orang dewasa, bahkan anak-anak juga kerap kali tersesat. Selain karena faktor bahasa yang berbeda, usia (pikun), pemahaman akan petunjuk yang tertera juga belum benar-benar dipahami sebelum keberangkatan umroh. 6 Tips Umroh Agar Tidak Tersesat.

Di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi ada banyak sekali pintu masuk. Anda harus menghafalkannya, karena bisa jadi sebenarnya Anda tidak tersesat. Anda hanya lupa dari pintu mana Anda keluar atau masuk. Jadi, berusalah sebaik-baiknya untuk mengingat pintu mana yang Anda masuki sebelumnya. Jika memungkinkan, beribadahlah di tempat yang sama seperti tempat sebelumnya. Usahakan pula berada di tempat yang mudah Anda kenali saat Anda masuk. 6 Tips Umroh Agar Tidak Tersesat.

Kemudian tersesat bisa jadi karena Anda ingin menikmati suasana di sekitar masjid atau hotel. Hindari berjalan sendirian, ajaklah keluarga atau teman. Hafalkan beberapa titik, baik berupa tanda, toko, dan lainnya. Jadi, Anda tidak akan tersesat saat kembali lagi ke hotel. 6 Tips Umroh Agar Tidak Tersesat.

Tersesat bisa terjadi bukan saja karena lupa dengan nama hotel. Kemungkinan paling besar jamaah tersesat karena baru pertama kali tiba di Tanah Suci. Kemudian jamaah kesulitan menghafal tempat-tempat tertentu karena banyaknya bangunan yang memiliki kemiripan. Ditambah pula dengan terpisahnya jamaah dari rombongan. 6 Tips Umroh Agar Tidak Tersesat.

 

Berikut ini ada Tips Umroh Agar Tidak Tersesat dari Travel Umroh Solo Shafa Tour.

  • 6 Tips Umroh Agar Tidak Tersesat pertama. Setibanya Anda di Mekkah dan Madinah, segera catat nama hotel, nomor kamar, alamat, serta nomor teleponnya. Kemudian selipkan catatan itu di dalam tas yang selalu Anda bawa kemana pun Anda pergi. Anda juga bisa mencatatnya di ponsel, jika selalu membawanya. Catat juga nomor telefon teman sekamar, ketua rombongan, dan pembimbing umroh Anda.
  • 6 Tips Umroh Agar Tidak Tersesat kedua. Kenali siapa saja petugas travel umroh Anda dan beberapa teman Anda. Hal-hal yang mudah dikenali seperti warna jaket atau seragam, identitas resmi, tas jinjing, dan lain-lain. Hal ini penting dilakukan guna menghindari penipuan, terutama jika Anda perempuan dan baru pertama kali tiba di Tanah Suci.
  • 6 Tips Umroh Agar Tidak Tersesat ketiga. Jangan pernah memisahkan diri dari rombongan, baik itu hanya untuk beribadah ke Masjidil haram atau Masjid nabawi. Jika tidak bersama rombongan, usahakan ada teman lain yang mendampingi Anda. Hindari bepergian sendiri, terutama bila Anda baru pertama kali umroh.
6 Tips Umroh Agar Tidak Tersesat
Selalu Bersama Rombongan
  • 6 Tips Umroh Agar Tidak Tersesat keempat. Selalu gunakan tanda pengenal atau id card agar Anda mudah dikenali. Selain itu, tanda pengenal ini akan memudahkan Anda saat mencari pertolongan dan menjadi petunjuk di mana Anda tinggal. Hal ini juga akan memudahkan petugas keamanan dari Pemerintah Arab Saudi untuk menemukan tempat Anda tinggal dan dari negara mana. Meskipun Anda bisa berbahasa Arab atau bahasa Inggris, tetap kenakan tanda pengenal ini. Kita tidak tahu kondisi kesehatan kita nantinya. Tanda pengenal sangat berguna saat keadaan darurat.
  • 6 Tips Umroh Agar Tidak Tersesat kelima. Tetap tenang dan tidak panik adalah kunci keselamatan. Jika Anda tersesat dan sudah berputar-putar jalan, maka istirahatlah sebentar. Sembari beristirahat, coba ingat-ingat kembali dari mana Anda masuk saat di masjidil Haram atau masjid Nabawi. Jika sedang tidak beribadah, ingat-ingat kembali penanda-penanda jalan atau sesuatu yang mengingatkan Anda pernah melewatinya. Dengan tetap tenang dan tidak panik, Anda bisa jauh lebih fokus dan rileks saat mengingat kembali.
  • 6 Tips Umroh Agar Tidak Tersesat keenam. Jika Anda benar-benar tidak bisa ingat, bergabunglah dengan jamaah dari Indonesia yang lain untuk sementara. Petugas biro jamaah lain akan berusaha menolong Anda. Atau Anda bisa langsung datang ke petugas di sekitar Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Maka dari itu, selalu kenakan tanda pengenal atau id card Anda kemana pun Anda pergi.
6 Tips Umroh Agar Tidak Tersesat
Petugas Perlindungan Jamaah (Linjam) di sekitar Masjidil Haram mengarahkan jamaah yang tersesat

Itulah beberapa 6 Tips Umroh Agar Tidak Tersesat. Semoga bermanfaat

 

BIRO UMROH SOLO

SHAFA TOUR

Telp/sms/whatsapp: 081 226 555 449 (Arief)

Kantor: Jl. Dr. Radjiman 641A Surakarta (Depan Pom Bensin Jongke)

Web: www.shafaumroh.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.