Tips Agar Kita Tetap Istiqomah

BIRO UMROH SOLO Tips Agar Kita Tetap Istiqomah Mengubah diri menjadi lebih baik sebagai bentuk ketaatan kepada Alloh SWT adalah sikap yang sangat baik. Namun beristiqomah untuk dalam ketaatan itu adalah keutamaan. Mengapa? Karena istiqomah termasuk perkara yang berat. Sifatnya kontinyu atau terus menerus. Padahal, godaan setan tidak mengenal waktu, kondisi, dan tempat. Maka, seseorang yang istiqomah dalam ketaatan akan memiliki keutamaan-keutamaan.

Tips Agar Kita Tetap Istiqomah

 

Alloh SWT berfirman dalam QS. Fushilat Ayat 30,

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Rabb kami ialah Alloh.” Kemudian mereka istiqomah pada pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada merka (dengan mengatakan): “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih, dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Alloh kepadamu”.”

Tips Agar Kita Tetap Istiqomah . Ada seorang sahabat bertanya kepada Rasululloh SAW, “ Ya Rasul, tolong ajarkan sesuatu kepadaku yang paling penting dalam Islam, dan saya tidak akan bertanya lagi kepada siapapun.” Nabi menjawab, “Katakanlah aku telah beriman kepada Alloh, kemudian istiqomah (konsisten menjalankan perintah dan menjauhi larangan)”.” (HR. Muslim, Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

Imam Ibnu Rajab Al Hambali menjelaskan maka istiqomah yakni meniti jalan yang lurus, yaitu agama yang lurus, dengan tanpa membelok ke kanan atau ke kiri. Istiqomah ini mencakup ketaatan lahir dan batin serta meninggalkan semua perkara yang dilarang. Maka, wasiat ini mencakup seluruh ajaran agama. Tips Agar Kita Tetap Istiqomah.

 

Orang-orang yang mampu istiqomah dalam ketaatan kepada Alloh SWT memiliki kekuatan. Kekuatan itu mengundang karomah, kemuliaan para kekasi Alloh SWT. Ciri khasnya ada dua yaitu

  • Yakin

Seseorang yang istiqomah pasti haqqul yakiin. Alloh SWT akan menurunkan malaikat yang buahnya adalah derajat kekasih Alloh SWT dalam situasi apapun. Sekalipun jiwanya terancam, ia akan tenang. Ketenangan ini datang dari Alloh SWT. Tips Agar Kita Tetap Istiqomah.

“Huwalladzi andzala sakiinah fii qulubil mu’miniin.” (Dialah Alloh yang menurnkan sakinah di hati orang yang beriman)

Seseorang yang diberi karunia berupa ketenangan dan kejernihan pikiran dalam kondisi apapun adalah Rasululloh SAW, para sahabat, auliya, ulama, dan hamba-hamba yang mencintai Tuhan-nya.

  • Mendapat Keutamaan

Keutamaan bagi seseorang yang mampu istiqomah adalah sebagaimana yang disebutkan dalam QS. Fushilat ayat 30. Kemudian dalam QS. Al Ahqof Ayat 13 sampai 14 Alloh SWT berfirman,

“Sesungguhnya orang yang mengatakan Tuhan kami adalah Alloh, kemudian mereka tetap istiqomah, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita. Merekalah orang-orang yang mewarisi surga, kekal di dalamnya sebagai balasan apa yang sudah dilakukan.”

 

Istiqomah memang tidaklah mudah. Namun selagi kita masih bernapas, berusaha untuk tetap istiqomah adalah keharusan. Berikut ini ada beberapa Tips Agar Kita Tetap Istiqomah dari Travel Solo Shafa Tour.

  • Tak hanya diucapkan, tetapi syahadat juga dihidupkan atau terpatri dalam jiwa.

Tips Agar Kita Tetap Istiqomah. Jika kalimat “Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Alloh dan Muhammad adalah utusan Alloh”, maka duniawi tidak lagi menjadi sandaran.

  • Pelajari ibadah yang mudah dan paling nyaman untuk diri kita.

Tips Agar Kita Tetap Istiqomah. Ibadah ini bisa menjadi kunci amalan yang dapat kita lakukan secara istiqomah. Misalnya, sholat dhuha dua belas rakaat memang berpahala seperti membangun rumah di surga. Tetapi karena suatu hal, kita menjadi berat untuk melaksanakan dua belas rakaat itu. Maka, sholat dhuha dua sampai empat rakaat cukup bagi kita untuk terus merutinkannya. Di dunia ini, ada orang yang bagus hafalan alqurannya, ada yang bagus tahajjudnya, ada yang bagus sedekahnya, dan lain-lain. Pilihlah amalan yang bisa menjadi kunci untuk terus istiqomah.

  • Pelajari dalil atau landasan ibadah dengan baik, kemudian amalkan.

Tips Agar Kita Tetap Istiqomah. Ilmu tanpa agama itu nihil. Begitu pula agama tanpa ilmu. Misalnya, Rasululloh SAW membaca doa, ayat kursi, al fatihah, al ikhlas, al falaq, dan an nas kemudian mengusapkannya ke wajah sebelum tidur. Tujuannya untuk keselamatan diri.

  • Baca kisah-kisah inspiratif.

Tips Agar Kita Tetap Istiqomah. Membaca kisah-kisah para sahabat, ulama, atau orang-orang yang selalu istiqomah. Seperti Sayid Quthub yang menjelang wafatnya bersikap tenang, wajahnya jernih meskipun dipukul-dicambuk, dan hanya menyebut nama Alloh SWT saat diseret ke tiang gantungan.

  • Senantiasa bertobat.

Tips Agar Kita Tetap Istiqomah. Bertobat tidak hanya dilakukan ketika kita merasa telah melakukan kesalahan yang besar. Bertobat sebaiknya dilaksanakan setiap saat. Sebagai manusia, kadang kita tidak menyadari telah melakukan kesalahan. Dengan bertobat, hati kita menjadi tenang dan pikiran lebih jernih.

 

Itulah beberapa Tips Agar Kita Tetap Istiqomah. Semoga bisa bermanfaat.

 

BIRO UMROH SOLO

SHAFA TOUR

Telp/sms/whatsapp: 081 226 555 449 (Arief)

Kantor: Jl. Dr. Radjiman 641A Surakarta (Depan Pom Bensin Jongke)

Web: www.shafaumroh.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.