Macam-Macam Najis Dalam Islam

BIRO UMROH SOLO Macam-Macam Najis Dalam Islam Menurut bahasa, najis berarti kotor. Menurut istilah, najis berarti kotoran yang harus atau wajib dihindari atau dibersihkan oleh setiap umat muslim saat terkena olehnya. Adapun di dalam najis yang terdapat di ajaran islam sendiri mempunyai beberapa jenis.

Macam-Macam Najis Dalam Islam

Islam adalah agama yang selalu peduli akan kebersihan, karena dalam Islam menjaga kebersihan itu sangatlah penting terutama menjaga kebersihan diri dari najis. Macam-Macam Najis Dalam Islam dapat menghalangi kita untuk melakukan ibadah seperti shalat, membaca Alquran, dan sebagainya.

Saat melaksanakan shalat dan ibadah lainnya, umat islam diperintahkan untuk menjaga diri dan kebersihan dari berbagai najis. Najis sendiri memiliki arti kotoran yang membuat tidak sah nya seseorang ketika shalat atau ibadah menghadap Alloh SWT. Maka dari itu, menjaga diri dari Macam-Macam Najis Dalam Islam adalah bagian dari kita menegakkan aturan Alloh SWT.

Dalam Islam sendiri najis dibedakan dalam beberapa kelompok menurut tingkatannya. Berikut ini adalah Macam-Macam Najis Dalam Islam.

 

  • Macam-Macam Najis Dalam Islam: Najis Mukhaffafah

Macam-Macam Najis Dalam Islam mukhaffafah adalah najis ringan. Biasanya, najis ini berasal dari air seni seorang bayi laki-laki yang masih di bawah usia dua tahun dan masih makan berupa ASI (air susu ibu). Karena sebuah najis ringan, untuk membersihkan najis ini juga cukup mudah yaitu memercikan air ke bagian yang terkena najis tersebut.

Hal ini disampaikan dalam hadist, ”Sesungguhnya ia pernah membawa seorang anaknya yang laki-laki yang belum makan makanan (kecuali ASI). Lalu anak itu dipangku oleh Rasulalloh SAW lalu anak itu kencing di pangkuannya. Kemudian Beliau meminta air lalu memercikan air itu ke bagian yang terkena air kencing dan beliau tidak membasuhnya.” (HR. Bukhari Muslim)

Macam-Macam Najis Dalam Islam
Air kencing bayi berusia kurang dari dua tahun adalah najis mukhaffafah
  • Macam-Macam Najis Dalam Islam: Najis Mutawassithah

Macam-Macam Najis Dalam Islam mutawassithah adalah najis yang berasal dari kotoran, baik kotoran hewan atau manusia, air kencing, bangkai (kecuali ikan dan belalang), air susu hewan yang diharamkan dagingnya, dan lain sebagainya.

Dari Ibnu Umar ra telah berkata, “Telah dihalalkan dua bangkai, yaitu ikan dan belalang. Adapun dua darah yaitu hati dan limpa.” (HR Ibnu Majah & Hakim)

Macam-Macam Najis Dalam Islam mutawassithah juga dibedakan menjadi dua yaitu

  1. najis ‘ainiyah: jelas terlihat rupa, rasa atau tercium baunya; dan
  2. najis hukmiyah: tidak tampak (bekas kencing & minuman keras).

Untuk menyucikan diri dari najis mutawassthah, yang harus dilakukan adalah membersihkan bagian yang terkena najis dengan menggunakan air yang mengalir hingga benar-benar hilang najisnya. Macam-Macam Najis Dalam Islam

Macam-Macam Najis Dalam Islam
Bekas khamr termasuk najis mutawassithah
  • Macam-Macam Najis Dalam Islam: Najis Mughalladhah

Macam-Macam Najis Dalam Islam mughalladhah adalah najis yang paling tinggi tingkatannya. Najis ini berasal dari air liur anjing, babi, dan sebagainya.

Hal ini didasarkan kepada ayat dalam QS. Al An’am  ayat 145, Katakanlah, “Tidak kudapati di dalam apa yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan memakannya bagi yang ingin memakannya, kecuali daging hewan mati (bangkai), darah yang mengalir, daging babi -karena semua itu kotor- atau hewan yang disembelih bukan atas (nama) Alloh. Tetapi barang siapa terpaksa bukan karena menginginkan dan tidak melebihi (batas darurat) maka sungguh, Tuhanmu Maha Pengampun, Maha Penyayang”.”

Hal ini juga disamapaikan dalam sebuah hadist Rasulullah SAW, “Dari Abi Hurairota RA telah berkata : Bahwa Rosulallah SAW telah bersabda “, Cara mensucikan bejana tempat air salah satu dari kalian adalah dengan, jika dijilat anjing maka hendaklah dibasuh sebanyak tujuh kali yang salah satunya dicampur dengan tanah”. (HR Muslim)

Karena merupakan Macam-Macam Najis Dalam Islam yang berat, cara membersihkan diri dari najis ini perlu dibasuh air sebanyak tujuh kali. Salah satu basuhannya menggunakan tanah agar najis tersebut benar-benar hilang.

Macam-Macam Najis Dalam Islam
Air liur anjing termasuk najis mughalladhah

Itulah beberapa Macam-Macam Najis Dalam Islam. Semoga bermanfaat.

 

BIRO UMROH SOLO

SHAFA TOUR

Telp/sms/whatsapp: 081 226 555 449 (Arief)

Kantor: Jl. Dr. Radjiman 641A Surakarta (Depan Pom Bensin Jongke)

Web: www.shafaumroh.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.