10 Pengantar Doa Mustajab

BIRO UMROH SOLO 10 Pengantar Doa Mustajab Berdoa merupakan aktivitas di mana seorang hamba memohon kepada Alloh SWT. Berdoa bisa diibaratkan sebagai jalan untuk mengetuk pintu langit. Berdoa dapat dilakukan oleh siapapun, di mana pun (kecuali tempat-tempat terlarang untuk berdoa), dan kapan pun. Dalam keadaan sedih maupun senang, seyogyanya setiap hamba tetap berdoa kepada Alloh SWT.

10 Pengantar Doa Mustajab

 

Pada artikel sebelumnya, telah dijelaskan tentang adab-adab berdoa.

Adab-Adab Berdoa

Adab-adab berdoa ini penting dilakukan. Ibarat seorang tamu yang hendak mengetuk pintu Sang Tuan Rumah, maka juga adab-adab yang perlu diperhatikan. Misalnya, dalam berdoa kita harus menghadirkan hati. Kita tidak boleh setengah-setengah dalam meyakini apa yang kita minta kepada Alloh SWT. Hati pun harus yakin atas ketentuan Alloh SWT. 10 Pengantar Doa Mustajab

Rasululloh SAW bersabda, “Berdoalah kepada Alloh dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Alloh tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai.” (HR. Tirmidzi)

10 Pengantar Doa Mustajab. Kemudian ada juga adab yang tidak memperbolehkan hambanya untuk meragukan ketetapan Alloh. Ucapan meragukan seperti, “Aku sudah berdoa, tetapi tidak dikabulkan” itu bisa menjadi pemutus doa-doa yang telah kita panjatkan.

Rasululloh SAW bersabda, “Doa seorang hamba akan senantiasa dikabulkan, selama dia berdoa bukan untuk keburukan atau memutus tali silaturahim dan selama dia tidak tergesa-gesa dalam berdoa. Kemudian seseorang bertanya, ‘Ya Rasulullah, apa yang dimaksud tergesa-gesa dalam berdoa?’  Kemudian Rasulullah menjawab, yaitu seseorang yang berkata, ‘Sungguh aku telah berdoa dan berdoa, namun tak juga aku melihat do’aku dikabulkan’, lalu dia merasa jenuh dan meninggalkan doa tersebut.” (HR. Muslim)

Menyanjung Alloh sebelum berdoa juga penting dilakukan. Banyak sanjungan yang bisa kita sanjungkan kepada Alloh SWT, seperti menyebutkan Asmaul Husna. Sanjungan ini dapat menjadi salah satu pengantar doa kita akan dikabulkan. 10 Pengantar Doa Mustajab

 

Selain sanjungan kepada Alloh SWT, Rasululloh SAW memberikan pengetahuan kepada umatnya mengenai 10 Pengantar Doa Mustajab.

 

“Tidak ada seorang hamba atau umat yang berdoa dengan pengantar doa ini pada malam Arafah sebanyak 1.000 kali, yang berupa kalimat tasbih, kecuali Alloh akan mengabulkan permintaannya selama dia tidak berdoa dengan meminta sesuatu yang dapat menyebabkan putusnya tali persaudaraan atau sebab terjadinya kemaksiatan. Kesepuluh kalimat tersebut adalah

  • Subhaanal ladzii fis samaa’i ‘arsyuh (Maha Suci Alloh yang ‘ars-Nya berada di langit (yang paling tinggi)
  • Subhaanal ladzii fil ardhi mulkuhuu wa qudrotuh (Maha Suci Alloh yang (bukti) kerajaan-nya dan kekuasaannya nampak di muka bumi)
  • Subhaanal ladzii fil bahri sabiiluh (Maha Suci Alloh yang telah membuat lautan bisa dilalui manusia menuju segala arah)
  • Subhaanal ladzii fil hawaa’i rouhuh (Maha Suci Alloh yang angin-Nya berada di antara langit dan bumi)
  • Subhaanal ladzii fin naari sulthoonuh (Maha Suci Alloh yang kekuasaannya mutlak-Nya ada di api)
  • Subhaanal ladzii fil arhaami ‘ilmuh (Maha Suci Alloh yang ilmu agamanya rahim)
  • Subhaanal ladzii fil qubuuri qadhoo’uh (Maha Suci Alloh yang ketetapan-Nya ada di dalam kubur)
  • Subhaanal ladzii rofa’as samaa’a bighoiri ‘amad (Maha Suci Alloh yang meninggikan langit tanpa ada tiangnya)
  • Subhaanal ladzii wadho’al ardho ‘alal maa’i fajamad (Maha Suci Alloh yang meletakkan bumi di atas air, yang tetap beku)
  • Subhaanal ladzii laa malja’a wa laa manja minhu illaa ilaihi ta’ala (Maha Suci Alloh yang tidak ada tempat mencari perlindungan dan keselamatandari siksanya, kecuali hanya kepada-Nya)

 

Itulah 10 Pengantar Doa Mustajab. Semoga bermanfaat.

 

BIRO UMROH SOLO

SHAFA TOUR

Telp/sms/whatsapp: 081 226 555 449 (Arief)

Kantor: Jl. Dr. Radjiman 641A Surakarta (Depan Pom Bensin Jongke)

Web: www.shafaumroh.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.