Kisah Umar bin Khattab RA

BIRO UMROH SOLO Kisah Umar bin Khattab RA Setelah penunjukan langsung Khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq, Umar bin Khattab resmi menggantikannya. Umar memimpin langsung pemerintahan Islam dan melanjutkan kembali perjuangan Rasululloh SAW dan Khalifah Abu Bakar Ash Shiddiq dalam menyebarkan agama Islam ke seluruh penjuru dunia. Dalam kepemimpinan Umar, Islam mengalami masa puncak kejayaan.

Kisah Umar bin Khattab RA

Kisah Umar bin Khattab RA

Nama lengkap umar bin khaththab adalah Umar bin Khaththab bin Nufail bin Abdul Uzza bin Rabbah bin Abdullah bin Qurth bin Razah bin Adi bin Ka’ab bin lu’ay bin Ghalib Al Quraisy Al – Adawi. Ayah Umar bernama Khaththab dan ibunya bernama Hantamah binti Hasyim bin Mughirah bin Hasyim. Kakek Umar adalah seorang hakim kaum quraisy bernama Nufail bin Abdul Uzza. Meskipun berasal dari keluarga yang tidak kaya, tetapi keluarga Umar termasuk orang terpandang.

 

Kisah Umar bin Khattab RA Sebelum Masuk Islam

Kisah Umar bin Khattab RA adalah lelaki yang keras, cerdas, dan pemberani. Sebelum masa Islam, Umar sudah terbiasa menyelesaikan berbagai sengketa yang terjadi di kalangan bangsa Arab. Umar dikenal sebagai orang yang bijaksana, fasih dalam berbicara, berpendapat baik, kuat, dan jelas. Pada masa itu, Umar adalah salah satu dari sedikit orang arab yang pandai membaca dan menulis. Kisah Umar bin Khattab RA adalah orang yang sangat memperhatikan kelestarian tradisi quraisy. Sebelum masuk islam, ia sangat menentang penyebaran agama Islam karena khawatir sistem sosial, cara peribadatan, dan adat istiadat orang quraisy akan berubah. Ia juga khawatir posisi strategis dan peranan kaum quraisy bagi bangsa Arab akan memudar.

 

Kisah Umar bin Khattab RA Memeluk islam

Kisah Umar bin Khattab RA pada bulan Dzulhijah tahun ke-6 dari kenabian Muhammad SAW. Pada saat itu, usia Umar adalah 27 tahun. Ia mendapat hidayah masuk islam saat mendengar lantunan surat Thoha yang dibacakan Khabbab bin Al Arat. Surat itu dilantunkan di rumah adiknya, Fathimah bin Khaththab yang telah lebih dulu memeluk Islam.

Kisah Umar bin Khattab RA membuka era baru dalam dakwah Islam. Umar adalah orang yang pertama kali dengan berani berdakwah dan mengumumkan status keislamannya secara terbuka. Ia berani membawa sekelompok kaum muslim menuju ke Masjidil Haram, shalat, dan thawaf di sisi Ka’bah. Kaum muslim pun merasa memiliki izzah (harga diri yang tinggi) sejak Umar masuk islam. Oleh karena itulah, Rasululloh SAW memberikan nama kepadanya Al Faruq yang artinya pembeda.

 

Kisah Umar bin Khattab RA Hijrah ke Madinah

Kisah Umar bin Khattab RA pada saat umat muslim akan berhijrah ke Madinah, Rasululloh SAW memerintahkan mereka untuk pergi secara diam-diam. Hal ini dilakukan agar tidak dihalangi oleh kaum kafir quraisy. Namun berbeda dengan Umar. Ia justru dengan berani memberitahukan rencana hijrahnya kepada masyarakat di Mekkah.

 

Kisah Umar bin Khattab RA Masa kekhalifahan

Abu Bakar telah memilih Umar bin Khaththab sebagai penggantinya. Abu bakar menuliskan surat peralihan kekuasaan khalifah dan menugaskan Utsman bin Affan untuk membacakan surat tersebut pada khalayak umum. Semua khalayak yang mendengarnya menyatakan kesetujuannya dan turut serta membait Umar. Kisah Umar bin Khattab RA

  • Gelar Amirul Mukminin

Kisah Umar bin Khattab RA Sejak menggantikan Abu Bakar, Umar enggan dipanggil Khalifah. Ia lebih memilih dipanggil Amirul Mukminin (Pemimpin Orang Mukmin).

  • Wilayah Kekuasaan Islam

Pada masa kekhalifahan Umar bin Khaththab, wilayah kekuasaan Islam berkembang sangat pesat. Wilayah kekuasaan Islam Mencakup Iran, Irak, Persia, Palestina, Negeri Syam, Mesir hingga Afrika Selatan. Seiring berkembangnya wilayah kekuasaan Islam, sistem perekonomian islam juga berkembang lebih baik. Pembangunan sistem ekonomi pun dilakukan agar negara memperoleh pendapatan melalui instrumen zakat, jizyah, hasil perang, zakat perdagangan, dan kharaj. Kisah Umar bin Khattab RA

  • Pemerintahan

Kisah Umar bin Khattab RA Kekhalifahan Umar bin Khaththab juga adalah yang pertama kali melakukan pembukuan administrasi keuangan dalam islam. Di pembukuan ini terdapat catatan tentang pendapatan dan pembelanjaan negara. Dengan demikian, jumlah harta yang dimiliki dapat diketahui dengan jelas. Harta ini kemudian dapat digunakan untuk keperluan negara.

Kisah Umar bin Khattab RA Pencetakan uang dalam islam juga dilakukan. Penetapan mata uang ini dilakukan sebagai alat transaksi. Umar mencetak dirham seperti ukiran kisra dan dengan bentuk yang sama. Pada salah satu keping dirham tercantumkan kata “alhamdulillah”, pada keping yang lain dicantumkan kata “la’ilaha illallah. Gambarnya adalah gambar raja kisra, bukan gambar Umar bin Khaththab.

  • Penetapan Hisbah

Secara terminologi, hisbah adalah memerintahkan kebaikan apabila ada yang meninggalkannya dan melarang kemungkaran apabila ada yang melakukannya. Pada masa umar bin khaththab, hisbah merupakan kegiatan untuk pengawasan pasar yaitu mekanisme kontrol terhadap pelaku pasar agar tidak terjadi kecurangan antara penjual dan pembeli. Kisah Umar bin Khattab RA

Kisah Umar bin Khattab RA Pengawasan rutin dilakukan terhadap perilaku dan kegiatan jual-beli di pusat-pusat kegiatan ekonomi (misal pasar). Jadi, pedagang dapat bersaing sehat dan menjual dengan harga wajar (harga pasar), sedangkan pembeli dapat membeli barang sesuai timbangannya, berkualitas dan berharga wajar. Orang yang berperan sebagai pengawas disebut muhtasib (pengawas).

 

 

Kisah Umar bin Khattab RA Keistimewaan 

  • Orang yang pertama menjadi hakim dalam sejarah islam
  • Orang yang paling pertama memperkenalkan shalat tarawih di masjid pada bulan ramadhan
  • Orang pertama yang mencambuk peminum khamr sebanyak 80 kali
  • Orang yang paling pertama menjadikan peristiwa hijrah sebagai permulaan kalender islam
  • Orang yang pertama memperkenalkan sistem baitul maal
  • Orang yang paling pertama memperluas bangunan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

 

Kisah Umar bin Khattab RA Wafat

Umar bin Khaththab wafat pada hari Rabu 4 Dzulhijah Tahun 23 Hijriah. Umar wafat karena ditikam dengan pisau saat menjadi imam shalat di masjid. Orang yang menikamnya adalah Abu Lu’lu’ah Fairuz. Jenazah Umar disemayamkan di samping makam kedua sahabatnya yaitu Rasulullah SAW dan Abu Bakar. Umar memimpin umat Islam selama sepuluh tahun (13-23 H atau 634-644 M). Kisah Umar bin Khattab RA

Itulah Kisah Umar bin Khattab RA. Di balik sifatnya yang terkenal keras, kelembutan hatinya juga sangat terpuji. Umar keras dalam menegakkan peraturan dan lembut dengan kebaikan.

 

BIRO UMROH SOLO

SHAFA TOUR

Telp/sms/whatsapp: 081 226 555 449 (Arief)

Kantor: Jl. Dr. Radjiman 641A Surakarta (Depan Pom Bensin Jongke)

Web: www.shafaumroh.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.